NILAI MORAL DALAM NOVEL “CINTA SUCI ZAHRANA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA PADA SISWA KELAS VIII MTs MINHAJUTTULAB DOLOPO KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Binti Mualifah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun
  • Agus Budi Santoso Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun
  • Ermi Adriani Meikayanti Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i2.2105

Keywords:

Nilai Moral, Novel, Pembelajaran Sastra.

Abstract

Novel “Cinta Suci Zahrana†karya Habiburrahman El Shirazy merupakan salah satu novel islami yang menaburkan pesan-pesan nilai moral kepada pembaca secara vulgar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel “Cinta Suci Zahrana†karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsikan implementasi nilai moral movel “Cinta Suci Zahrana†pada pembelajaran sastra di kelas VIII MTs Minhajuttulab Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (observation), dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing/verivication).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada novel “Cinta Suci Zahrana†karya Habiburrahman El Shirazy terdapat beberapa nilai moral yaitu, kesabaran, tawakal, taat beribadah, penolong, rajin bekerja dan belajar. 2) Implementasi nilai moral novel “Cinta Suci Zahrana†dapat ditunjukkan melalui kegiatan pembelajaran dengan cara siswa diberi pertanyaan, respon tentang latar dalam novel “CSZ†yang sudah dibaca dan diamati, serta respon tentang penokohan dalam novel “CSZ†yang sudah dibaca dan diamati. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai moral dalam novel “Cinta Suci Zahrana†Karya Habiburrahman El Shirazy dan pengimplementasian pembelajaran sastra dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-12-10

Issue

Section

Articles