PENGGUNAAN TINDAK TUTUR KESOPANAN PADA SISWA KELAS VIII MTSN TAKERAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i1.2104Keywords:
Tindak Tutur, Kesopanan.Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk tindak tutur; (2) untuk mengetahui penggunaan tindak tutur kesopanan yang digunakan oleh Siswa kelas VIII MTsN Takeran Tahun Pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, rekam, dan catat. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu dengan menganalisis hasil percakapan penggunaan tindak tutur kesopanan pada siswa MTsN Takeran tahun pelajaran 2014/2015.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) beberapa wujud tindak tutur yang ada dalam lingkungan sekolah MTsN Takeran yaitu (a) wujud tindak tutur direktif (meminta), (b) wujud tindak tutur direktif (memerintah), (c) wujud tindak tutur ekspresif (menyalahkan), (d) wujud tindak tutur ilokusi (perintah), (e) wujud tindak tutur ilokusi (ejekan). Berdasarkan hasil temuan diatas penggunaan tindak tutur kesopanan siswa peneliti menyimpulkan 2) penggunaan tindak tutur yang digunakan siswa sehari-hari sering menggunakan bahasa jawa dan bahasa krama inggil untuk melakukan tuturan kepada guru dan teman.