PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH DENGAN METODE PRODUKSI, RETENSI, ATENSI, DAN MOTIVASI (PRAM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IKIP PGRI MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i1.2102Keywords:
Produksi, Retensi, Atensi, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan impelementasi metode PRAM (produksi, retensi, atensi, motivasi) dalam pembelajaran menulis ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, dan (2) mendeskripsikan  keefektifan  metode  PRAM  (produksi,  retensi,  atensi,  motivasi) dalam   meningkatkan   kemampuan     menulis  ilmiah  mahasiswa  Program  Studi Pendidikan Bahasa dan  Sastra  Indonesia  IKIP  PGRI Madiun.  Luaran  penelitian  ini berupa: (1) artikel ilmiah yang akan dimuat dalam Jurnal Edu-Lingua, dan (2) perangkat pembelajaran matakuliah “Menulis Ilmiahâ€. Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Program Studi  Pendidikan  Bahasa  dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, Jl. Setiabudi 85
Madiun. Pendekatan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber  data  yang  dipilih  yaitu  informan,  peristiwa,  dan
dokumen/arsip.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  studi  dokumen,  observasi,  dan
wawancara mendalam. Analisis data terhadap data penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada saat atau selama berlangsungnya pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan  simpulan/verifikasi.  Berdasarkan  analisis  pada  dapat  ditarik  beberapa simpulan sebagai berikut:  (1)  Pembelajaran  menulis ilmiah dengan  menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi) dilakukan dosen sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, (2) Pembelajaran menulis ilmiah dengan menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi)  dilaksanakan  oleh dosen  dengan  prosedur sebagai  berikut:  (a) Produksi: merencanakan dan menulis makalah dengan tema bebas, (b) Retensi: dalam kelompok mahasiswa mendiskusikan tentang makalah yang telah disusun, (c) Atensi: mahasiswa   memberi   perhatian   terhadap   masukan-masukan   yang diberikan oleh dosen maupun teman-teman dalam kelompoknya, (d) Motivasi: dosen memberi motivasi kepada mahasiswa tentang pentingnya keterampilan menulis ilmiah dalam kehidupan.
Â