PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH DENGAN METODE PRODUKSI, RETENSI, ATENSI, DAN MOTIVASI (PRAM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IKIP PGRI MADIUN

Authors

  • Panji Kuncoro Hadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun
  • Ermi Adriani Meikayanti Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i1.2102

Keywords:

Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan impelementasi metode PRAM (produksi, retensi, atensi, motivasi) dalam pembelajaran menulis ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, dan (2) mendeskripsikan  keefektifan  metode  PRAM  (produksi,   retensi,   atensi,   motivasi) dalam    meningkatkan    kemampuan      menulis   ilmiah   mahasiswa   Program   Studi Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia  IKIP  PGRI Madiun.  Luaran  penelitian  ini berupa: (1) artikel ilmiah yang akan dimuat dalam Jurnal Edu-Lingua, dan (2) perangkat pembelajaran matakuliah “Menulis Ilmiahâ€. Penelitian  ini  dilaksanakan   di  Program Studi  Pendidikan  Bahasa  dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, Jl. Setiabudi 85

Madiun. Pendekatan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.   Sumber   data   yang   dipilih   yaitu   informan,   peristiwa,   dan

dokumen/arsip.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  studi  dokumen,  observasi,  dan

wawancara mendalam. Analisis data terhadap data penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada saat atau selama berlangsungnya pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan   simpulan/verifikasi.   Berdasarkan   analisis   pada   dapat   ditarik   beberapa simpulan  sebagai  berikut:  (1)  Pembelajaran  menulis  ilmiah  dengan  menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi) dilakukan dosen sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, (2) Pembelajaran menulis ilmiah dengan menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi,  Motivasi)  dilaksanakan  oleh  dosen  dengan  prosedur  sebagai  berikut:  (a) Produksi: merencanakan dan menulis makalah dengan tema bebas, (b) Retensi: dalam kelompok mahasiswa mendiskusikan tentang makalah yang telah disusun, (c) Atensi: mahasiswa    memberi    perhatian    terhadap    masukan-masukan    yang diberikan oleh dosen maupun teman-teman dalam kelompoknya, (d) Motivasi: dosen memberi motivasi kepada mahasiswa tentang pentingnya keterampilan menulis ilmiah dalam kehidupan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-06-10

Issue

Section

Articles