PENGARUH METODE PENGAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MENULIS BERITA (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI NGAWI)
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i1.2100Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar, Kemampuan Menulis beritaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis berita antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions(STAD); (2) perbedaan kemampuan menulis berita antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis berita. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri di Ngawi bagian Barat; sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Mantingan sebagai kelas eksperimen dan siswa SMP Negeri 2 Mantingan sebagai kelas kontrol.Pengambilan sampel dengan teknik two stage random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes.Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalur.Hasil pertama, ada perbedaan kemampuan menulis berita antara  siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang menggunakan model pembelajaran STAD, dengan skor rata-rata 79,067 dan 70,233. Hal tersebut didukung oleh analisis statistik inferensial pada perolehan hasil Fh sebesar 18,81> Ft sebesar 4,01 dengan taraf signifikansi 5%. Kedua, ada perbedaan kemampuan menulis berita antara  siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan yang memiliki minat belajar rendah.Terbukti skor rata-rata masing-masing 79,533 dan 69,767. Hal tersebut didukung oleh analisis statistik inferensial pada perolehan hasil Fh sebesar 22,99> Ft sebesar 4,01 dengan taraf signifikansi 5%. Ketiga, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis berita, terlihat dari perolehan hasil Fh sebesar 4,88> Ft sebesar 4,01. Penelitian ini membuktikan bahwa 1)kemampuan menulis berita siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalahlebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD; 2)kemampuan menulis berita siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah; dan 3)terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis berita.