PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM 3 SRIKANDI KARYA IMAN BROTOSENO

Suci Dina Riska, Bambang Eko Hari Cahyono, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Film bagian dari drama tentu bagian dari karya sastra juga. Bahasa dalam suatu film yang dibuat oleh sutradara tentunya memiliki perbedaan dan menimbulkan pelanggaran prinsip kerja sama dalam berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dalam maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Jenis penelitian termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah sekunder. Instrumen penelitian ini adalah lembar catatan dari simak catat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak. Validitas data dalam penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian ini berkaitan erat dengan pelanggaran prinsip kerja sama dalam film 3 Srikandi karya Iman Brotoseno. Wujud pelanggaran prinsip kerja sama meliputi pelanggaran maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi dan dan maksim pelaksanaan. Pelanggaran maksim pelaksanaan berupa informasi yang disampaikan tidak jelas dan kabur dan informasi yang disampaikan mengandung unsur ambigu.


Keywords


pelanggaran prinsip kerja sama, maksim, film

Full Text:

PDF

References


Achsani, Ferdian. (2019). Pematuhan Dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Komunikasi Siswa-Siswi Man 1 Surakarta: (online), diunduh 22 Mei 2021).

Agustina, Nurul. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama, Prinsip Kesantunan, Dan Implikatur Dalam Film Yowis Ben Karya Bayu Skak: (online), (http://lib.unnes.ac.id, diunduh 18 Juni 2021).

Darmawan, A. Y. (2015). Penyimpangan Prinsip Kerja Sama Dan Prinsip Kesopanan Pada Novel Humor Bukan 3 Idiot Karya Boim Lebon: (online), (https://lib.unnes.ac.id,diunduh 18 Juni 2021).

Dewanta, Janitra. (2020). Analisis Semiotika Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer: (online), diunduh 21 Mei 2021.

Estiningrum, Windy. (2016). Penyimpangan Prinsip kerja Sama Dalam Acara Sentilan Sentilun Di Metro Tv: (online), (https://jurnal.unmuhjember.ac.id, diunduh 21 Mei 2021).

Hidayati, N. N. (2018). Pelanggaran Maksim Dalam Tuturan Tokoh Film Radio Galau Fm: Sebuah Kajian Pragmatik: (online), diunduh 01 Desember 2020).

Maryati, Sri. (2012). Penyimpangan Prinsip kerja Sama Dan Prinsip Kesopanan Dalam Acara Humor Dhagelan Basiyo: (online), (http://eprints.uny.ac.id,diunduh 01 Desember

.

Nugraheni, W. M. (2015). Pelanggaran Prinsip Kerjasama Dan Kesantunan Berbahasa Siswa Terhadap Guru Melalui Tindak Tutur Verbal Di Smp Ma’arif Tlogomulyo-Temanggung (Kajian Sosiopragmatik): (online), (https://jurnal.untidar.ac.id, diunduh 28 November 2020).

Nugrawiyati, Jepri., Angian, L. A. S. (2019). Penerapan Prinsip Kerja Sama Komunikasi dan Prinsip Sopan Santun Bahasa Arab Santriwati Pondok Modern Arrisalah: (online), diunduh 03 Juni 2021.

Ristiawan, Hendri. (2017). Prinsip Kerja Sama Dalam Berinteraksi Di Lingkungan SMPN 11 Kota Jambi: (online), diunduh 21 Mei 2021).

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik, Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sarah, Julia. (2011). Pelanggaran Prinsip Kerjasama Dan Kesantunan Berbahasa Siswa Terhadap Guru Melalui Tindak Tutur Verbal Di Smp Ma’arif Tlogomulyo-Temanggung: (online), (https://media.neliti.com,diunduh01 Desember 2021).

Setiawan, Afif., Basuki, Rokhmat., dan Rahayu Ngudining. (2017). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Acara Mata Najwa: (online), diunduh 21 Mei 2021.

Sholihah, A. R. (2020). Kesantunan Berbahasa Dalam Gelar Wicara Muda Beropini Di Akun Youtube Bkkbn Official. Skripsi tidak diterbitkan. Madiun: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ustari, Pipit. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dan Implikatur Percakapan Dalam Acara “Waktu Indonesia Bercanda” Di Net Tv: (online), (https://core.ac.uk,diunduh 18 Juni 2021).

Wahyudi, H. (2019). Analisis Penyimpangan Prinsip Kerja Sama Dan Prinsip Kesopanan Dalam Pernyataan Calon Presiden Menuju Pilpres 2019 Dalam Youtube Channel Cnn Indonesia. Skripsi tidak diterbitkan. Madiun: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

Waluyo. (2009). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dan Prinsip Kesopanan Dalam

Percakapan Lum Kelar Di Radio Sas Fm: (online), (https://eprints.uns.ac.id, diunduh 21 Mei 2021).


Article Metrics

Abstract has been read : 53 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats