PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT RESMI MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA INOVATIF DI KELAS VII C SMP NEGERI 9 JEMBER

Novita Himayatul Husnah, Dzarna Dzarna, Maryati Maryati

Abstract


Melalui penggunaan alat pembelajaran kreatif, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII C di SMP Negeri 9 Jember baik dalam korespondensi resmi maupun pribadi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 32 orang. Alat peraga inovatif yang digunakan meliputi kartu kata, bagan struktur surat, dan contoh surat. Data dikumpulkan melalui cara yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis surat pribadi dan surat resmi. Hasil penelitian menunjukkan adanya temuan studi menunjukkan bahwa kemahiran siswa dalam menulis surat pribadi dan surat resmi telah meningkat secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa untuk menulis surat pribadi meningkat dari 65 menjadi 75, sedangkan untuk surat resmi meningkat dari 60 menjadi 70. Pada siklus II, rata-rata nilai untuk menulis surat pribadi meningkat lagi menjadi 85 dan surat resmi menjadi 80. Selain itu, siswa menunjukkan minat dan motivasi yang lebih tinggi dalam kegiatan menulis surat setelah menggunakan alat peraga inovatif. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga yang inovatif dapat membantu siswa kelas VII C di SMP Negeri 9 Jember dalam menulis surat pribadi dan surat dinas dengan lebih baik. Hal ini juga menyarankan agar guru harus menggunakan alat bantu pengajaran inovatif secara lebih luas dan berkelanjutan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya ketika mengajar siswa cara menulis huruf.

Keywords


Menulis Surat Pribadi dan Surat Resmi, Alat Peraga Inovatif

Full Text:

PDF

References


Ahyana. (2020). Kemampuan Menulis surat Dinas Siswa Keals VII B SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol 5 No 3.

Anas, M. (2014). Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Education.

Bukhari. (2010). Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: PeNA.

Dwi Lestari, E. (2005). Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia . Klaten: Intan Parawira.

Dzarna, A. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Jurnal Dedication, Vol 6 No 2.

Fatimah Esti Radinah, S. (2020). Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris .

Irman, M. (2007). Bahasa Indonesia. Jakarta: Intan Sejati.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa Edisi Keempat Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nawawi, H. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial . Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.

Rakhma, S, D. (2021). Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta Pusat: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sriyati. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Metode Kolaborasi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). Jurnal Diksatrasia, Vol 1 No 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.


Article Metrics

Abstract has been read : 52 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats