PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT RESMI MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA INOVATIF DI KELAS VII C SMP NEGERI 9 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20397Keywords:
Menulis Surat Pribadi dan Surat Resmi, Alat Peraga InovatifAbstract
Downloads
References
Ahyana. (2020). Kemampuan Menulis surat Dinas Siswa Keals VII B SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol 5 No 3.
Anas, M. (2014). Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Education.
Bukhari. (2010). Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: PeNA.
Dwi Lestari, E. (2005). Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia . Klaten: Intan Parawira.
Dzarna, A. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Jurnal Dedication, Vol 6 No 2.
Fatimah Esti Radinah, S. (2020). Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris .
Irman, M. (2007). Bahasa Indonesia. Jakarta: Intan Sejati.
KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa Edisi Keempat Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nawawi, H. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial . Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.
Rakhma, S, D. (2021). Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta Pusat: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Sriyati. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Metode Kolaborasi (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis). Jurnal Diksatrasia, Vol 1 No 2.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.