MUATAN KAJIAN BAHASA DAN CERITA SASTRA DI MEDIA MASSA SEBAGAI SARANA DALAM PEMBELAJARAN BIPA
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20396Keywords:
Bahasa dan Sastra, Media Massa, Pembelajaran BIPAAbstract
Adanya perkembangan media massa di Indonesia ternyata belum banyak digunakan sebagai media pembelajaran bagi pemelajar BIPA. Padahal, hal tersebut mampu meningkatkan ketertarikan dan kemahiran berbahasa bagi mereka. Namun, keberadaan media tersebut tidak diimbangi dengan pemakaian bahasa Indonesia yang baik, santun, dan benar. Selain itu, muatan artikel dan kajian tentang kesusastraan juga masih sangat jarang ditemukan di surat kabar harian. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan bahasa Indonesia di media massa bagi pemelajar BIPA dan untuk mengetahui seberapa intensitas kolom sastra yang terdapat di media massa sebagai upaya menambah ketertarikan dalam pembelajaran BIPA. Tujuan lain penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media massa dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini memakai sumber data primer yang berasal dari surat kabar berskala lokal dan nasional versi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa di surat kabar yang berskala nasional sudah lebih baik dibandingkan surat kabar lokal sehingga hal tersebut dapat menjadi referensi bagi pemelajar BIPA untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia. Meskipun demikian, kedua surat kabar tersebut masih sedikit dalam memberitakan kususastraan di Indonesia. Padahal, dengan sastra, pemelajar BIPA akan lebih tertarik lagi untuk belajar bahasa Indonesia karena di dalamnya terdapat bahasa yang estetik.
Downloads
References
Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Anak-Anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 59–66. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10604
Asrif, N. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Daerah dalam Memantapkan Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. MABASAN, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.26499/mab.v4i1.183
Enggarratri, I. D. (2017). PERAN MEDIA MASSA SEBAGAI PENDUKUNG CITRA ORGANISASI. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 43. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.9
Heru Pratikno. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Penentuan Sekolah Bilingual Jenjang Paud Dan SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(Persepsi, Sekolah, Covid), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7994
Heru Pratikno. (2023a). Bahasa Indonesia sebagai Pembentuk Kepribadian Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Pendekar, 6(3), 229–235. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i3.16466
Heru Pratikno. (2023b). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Unisba dalam Menganalisis dan Menulis Teks dengan Penguatan Materi Kebahasaan. Bastrindo, 4(1), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jb.v4i1.948
Hudaa, S. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DENGAN SIMULASI TES UKBI SEBAGAI TES STANDAR BAHASA INDONESIA. SALINGKA, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
Karyati, Z. (2016). Antara EYD dan PUEBI: Suatu Analisis Komparatif. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1024
Melati, I. K. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. Basastra, 11(2), 163. https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351
Mulyadi, M. (2013). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Murda, N., & Purwanti, P. D. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA. International Journal of Elementary Education, 1(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11434
Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379
Paryono, Y. (2017). PERAN STRATEGIS MEDIA MASSA DALAM PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2). https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.538
Pratikno, H. (2020). BUILDING AWARENESS OF RELIGIOUS EDUCATION IN FAMILIES IN THE DIGITAL AGE. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib Unisba, 9(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6287
Rahayu, R. (2020). Peran Media Massa dalam Rangka Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kelasa, 13(2). https://doi.org/10.26499/kelasa.v13i2.71
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan manajemen program pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 122. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.8066
Violensia, I., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah untuk Pembelajaran BIPA Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1066. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14925