KONFLIK BATIN CINTA DAN KESINAMBUNGAN DALAM NOVEL CAHAYA MENTARI PAGI KARYA MARIA A SARDJONO

Muhammad Alfian Tuflih, Ridwan Ridwan, Davina Davina

Abstract


Penelitian ini membahas konflik batin cinta dalam novel "Cahaya Mentari Pagi" karya Maria a Sardjono dengan pendekatan psikologi sastra dan struktur kepribadian. Metode deskriptif dan analisis data kualitatif digunakan dengan menggunakan teknik baca catat terhadap novel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik batin cinta muncul dari janji yang dibuat oleh ayah tokoh utama dengan sahabat karibnya, mempengaruhi hubungan antara tokoh utama dan kekasihnya. Dalam menghadapi konflik ini, tokoh-tokoh menggunakan berbagai mekanisme pertahanan psikologis seperti rasionalisasi, projeksi, identifikasi, dan pemindahan. Selain itu, keseimbangan antara id, ego, dan superego juga menjadi fokus dalam menganalisis perilaku tokoh-tokoh dalam mengatasi konflik batin cinta. Temuan ini memberikan wawasan yang mendalam tentang kompleksitas psikologis tokoh-tokoh dalam novel dan interaksi antara kepribadian mereka dalam menghadapi konflik emosional.


Keywords


Konflik batin cinta, novel, psikologi sastra

Full Text:

PDF

References


Ariska, R., Nasution, S. P., Harapan, N., & Lubis, H. S. (2023). Analisis Tokoh Utama dalam Novel Dunia Sophie Karya Josten Gaarder Sigmund Freud: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Pendidikan Multidispliner, 6(12), 180-181.

Asteka, P., 2018. Kajian Psikologi Sigmu Freud dalam Novel Setetes Embun Cinta Niyala Karya Habiburrahman Shirazy. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 8-12.

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Chamalah, E., & Nuryyati, R. (2023). Kepribadian Anak dalam Novel Sesuk Karya Tere Liye: Analisis Psikologi Sastra Sigmund Freud. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 138-147.

Mutmainna, dkk. (2021). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Posesif Karya Lucia Priandarini: Kajian Psikologi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 5(2), 262-272.

Wilyah, W., Akhir, M., & Ruslan, H. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Darah dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10(2), 501-506.

Nurjam'an, M. I., dkk. (2023). Analisis Psikologi Sastra dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad Sebagai Pengembangan Bahasa Ajar dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 105-112.

Oktavia, E., Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2023). Analisis Psikologis dalam Novel “Menantimu di Ujung Rindu (Mengapa Allah Memilihkan Dia Untukku)” Karya Riri Abdillah. Jurnal Bindo Sastra, 7(1), 1-6.

Sahara, A. I., dkk. (2021). Analisis Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye dalam Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal Literasi, 5(2), 187-197.

Suaida, W., Sugono, D., & Sumarto, S. T. (2023). Analisis Struktur Kepribadian dan Faktor Psikologis Tokoh dalam Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Ima Madaniah (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(3), 241-250.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R.,& Mustika. (2021). Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24.

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 475-496.

Sartika, E., dkk. (2022). Analisis Pendekatan Psikologi Sastra dalam Novel Re: dan Perempuan. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 12(2), 1-8.

Suarni, S. S., dkk. (2023). Postmodernisme Dalam Novel Rantai Renjana Karya Niken Aqueensha. Totobuang


Article Metrics

Abstract has been read : 60 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats