VARIASI BAHASA SLANG PADA TUTURAN AKUN @CURSEDKIDD DI MEDIA SOSIAL TWITTER: SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Ika Suyarti Putri, Wahyuningsih Wahyuningsih, Eni Winarsih

Abstract


Variasi bahasa slang pada tuturan akun @cursedkidd di media sosial Twitter menunjukkan cerminan daya kreativitas dan keinginan untuk mengekspresikan sesuatu dengan cara yang unik dan menarik. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna variasi bahasa slang pada tuturan akun @cursedkidd dengan tinjauan sosiolinguistik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber utama data penelitiannya, yaitu tuturan akun @cursedkidd periode Januari–Desember 2022. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode baca, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 140 data bahasa slang dengan kategori bentuk kata dasar (11 data), kata turunan (81 data), frasa (18 data), dan kalimat (30 data). Dari 140 data dapat diidentifikasi ke dalam 13 fungsi, yakni untuk (1) bersenang-senang atau kejenakaan (20 data), (2) menampilkan atau memamerkan diri (5 data), (3) tampil beda (36 data), (4) keindahan (3 data), (5) menarik perhatian (2 data), (6) melepaskan diri dari kata-kata klise (2 data), (7) memperkaya bahasa atau kosakata (17 data), (8) agar padat dan konkret (60 data), (9a) memperhalus penolakan agar tidak melukai perasaan (2 data) (9b) mengurangi keseriusan yang berlebihan dalam percakapan atau tulisan (4 data), (9c) meringankan tragedi (1 data), (10) mempermudah interaksi sosial (3 data), (11) mendorong keakraban atau kedekatan (2 data), (12) menunjukkan atau membuktikan bukan bagian dari kelompok (3 data), dan (13) kerahasiaan (3 data). Sementara itu, makna bahasa slang dapat diidentifikasi berupa makna denotatif (59 data) dan makna konotatif (81 data).


Keywords


Variasi Bahasa, Slang, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Alwasilah. A. C. (1993). Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Amrullah, L. (2017). Slang Bahasa Inggris di Dunia Maya (edisi elektronik). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (aplikasi luring resmi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Budiasa, I. G., Savitri, P. W., & Dewi, A. S. S. S. (2019). Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial. Humanis: Journal of Arts and Humanities, 25(2), 192-200.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. & Leonie, A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jazeri, M. (2017). Sosiolinguistik: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi (edisi elektronik). Tulungagung: Akademia Pustaka.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik (edisi ke-4, elektronik). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik (edisi elektronik). Gorontalo: Ideas Publishing.

Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, S. S. T. W., & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ke-4, elektronik). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (edisi elektronik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Parera, J. D. (2004). Teori Semantik (edisi ke-2, elektronik). Jakarta: Erlangga.

Partridge. E. (2015). Slang To-Day and Yesterday (edisi elektronik). London: Routledge & Kegan Paul, Ltd.

Rosalina, R., Auzar, A., & Hermandra, H. (2020). Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(1), 77-84.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach) (edisi elektronik). Yogyakarta: Deepublish.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Supriyadi. (2014). Sintaksis Bahasa Indonesia (edisi elektronik). Gorontalo: UNG Press.

Susanto, R. (2018). Omgz! Kamus Slang Internet (edisi elektronik). Jakarta: Pustaka Jaya.

Warsiman. (2014). Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran (edisi elektronik). Malang: Universitas Brawijaya Press.

Wijana, I. D. P. (2021). Pengantar Sosiolinguistik (edisi elektronik). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats