ANALISIS TEKSTUAL POSTER PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL TAHUN 2013

Retno Wulandari, Agus Budi Santoso, Dhika Puspitasari

Abstract


Salah satu jenis wacana tulis, yaitu poster Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M).Poster ini menarik untuk dianalisis dari segi tekstualnya karena terdapat banyak penggunaan kata dan kalimat.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) aspek gramatikal; dan (2) aspek leksikal pada poster Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2013.Metode peneletian ini adalah metode penelitian kualitatif.Jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa poster PKM-M Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2013.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen atau arsip. Peneliti dalam menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian berupa (1) aspek gramatikal terdiri dari pengacuan 130 data, substitusi dua puluh enam data.Pelesapan tujuh puluh empat data. Konjungsi delapan puluh satu data; dan (2) aspek leksikal terdapat 182 data, terdiri dari repetisi empat puluh lima data. Sinonimi empat puluh enam data.Antonimi tiga puluh data.Kolokasi tiga puluh tiga data, hiponimi dua puluh enam data, dan ekuivalensi dua data.


Keywords


analisis tekstual, poster, PKM

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1704 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats