PENINGKATAN MINAT MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 SUMBERLAWANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v5i1.1758Keywords:
menulis, cerpen, metode kuantumAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sumberlawang melalui pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah TANDUR. Data minat diperoleh melalui lembar observasi selama kegiatan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Teknik analisis kulitatif menggunakan analisis deskriptif dari data-data nontes, yaitu data hasil lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan memadukan serta secara menyeluruh. Pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum dapat meningkatkan minat belajar siswa siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sumberlawang. Minat Siswa meningkat dari dari 78% kategori baik pada siklus I menjadi 87% kategori sangat baik pada siklus II.