PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SDN CRABAK KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO

Supriadi Supriadi

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa sangat rendah, yakni 47,62% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 57,62. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa Kelas V SDN Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Peranan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar Bahasa Indonesia ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,62; siklus II 75,48; dan siklus III 80,24. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 71,43%, siklus II 80,95%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 95,24%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan dan hasil belajar Bahasa Indonesia.


Keywords


Kemampuan. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 425 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i1.1675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats