KOMPETENSI MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GEGER KABUPATEN MADIUN

Dina Luthfi Nugraini, Bambang Eko Hari Cahyono, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini bersifat kualitatif dengan judul Kompetensi Menulis Teks Ulasan pada Siswa kelas VIII SMPN 1 Geger Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian antara kemampuan pemahaman dan kompetensi menulis teks ulasan pada siswa kelas 8 di SMPN 1 Geger Kabupaten Madiun dengan landasan teoritis menulis teks ulasan yang benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penerapan teknik observasi, dokumentasi, dan teknik catat. Data dalam penelitian ini adalah data tertulis dan disajikan dalam bentuk scan jawaban siswa dari Google Form. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebenaran dan keaslian jawaban tertulis dari masing-masing siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kerja siswa (tes) dan kartu data. Hasil dan fokus dari penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu: kesesuaian kemampuan pemahaman kompetensi menulis teks ulasan dengan landasan teoritis: struktur teks ulasan dan unsur kebahasaan teks ulasan. Jumlah keseluruhan data yang didapat adalah 12 siswa yang menjawab lembar kerja siswa (tes) pada Google Form. Lembar kerja siswa berisikan 5 soal. Berkaitan dengan fokus dari penelitian ini kompetensi keterampilan menulis teks ulasan, oleh sebab itu analisis hanya dilakukan pada soal nomor 5 mengenai hasil ulasan siswa dan menghasilkan: dari total 12 siswa hanya 2 siswa yang menjawab dengan lengkap mengenai struktur teks ulasan, sedangkan untuk unsur kebahasaan 1 siswa tidak menjawab soal tersebut, 1 siswa tidak melampirkan adjektiva, 2 siswa tidak melampirkan pronomina, hanya 8 dari 12 siswa yang kalimatnya dapat digolongkan sebagai kalimat kompleks dan keseluruhan 12 siswa belum dapat melampirkan metafora dalam teks ulasannya.

 

 


Keywords


Kompetensi, Menulis, Teks Ulasan

Full Text:

PDF

References


Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125-137.

Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto CAD. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 119-126.

Nuryanti, M., & Arfiyanti, R. (2015). ANALISIS FITUR KEBAHASAAN DALAM TEKS ULASAN. Repository FKIP Unswagati.

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(2), 185-195.


Article Metrics

Abstract has been read : 417 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats