ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS PADA TEKS ULASAN KARYA SISWA MTS NEGERI 5 PONOROGO TAHUN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15446Keywords:
Analisis Kesalahan, Linguistik, Morfologi, Sintaksis, Teks UlasanAbstract
Penelitian ini menganalisis kajian linguistik pada bidang morfologi dan sintaksis pada teks ulasan karya siswa MTS Negeri 5 Ponorogo tahun 2020/2021. Latar belakang penelitian ini yaitu kesalahan siswa dalam menulis teks ulasan berdasarkan kajian linguistik morfologi dan sintaksis. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan kesalahan morfologi pada teks ulasan karya siswa MTS Negeri 5 Ponorogo, dan mendeskripsikan kesalahan sintaksis teks ulasan karya siswa MTS Negeri 5 Ponorogo. Metode penelitian menggunakan penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juli 2021. Instrument yang digunakan yaitu analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu content analisis atau analisis isi dengan cara menganalisa kesalahan, mengumpulkan data, menjelaskan dan membenarkan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa telah ditemukan 51 data kesalahan morfologi dan 35 data kesalahan sintaksis dalam teks ulasan karya siswa MTSN 5 Ponorogo. Sehingga jumlah dari keseluruhan data yaitu 86 data.
Â
Â
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta; Bumi Aksara.
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4 (1); 41.
Sundari, N., & Wulan, N. S. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas IV SDN Serang 12 Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Menulis Karangan. (Online). (http://antologi.upi.edu/file/artikel_skripsi_reni.pdf, diunduh 10 Desember 2020).
Chaer, Abdul. (2007). Kajian Bahasa: Stuktur Internal, Pemakaian, dan Pemelajaran. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta; PT Rineka Cipta
Chaer, Abdul. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Chalidiah, M., & Heryana, N. (2016). Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Ulasan Berdasarkan Cerpen Kelas VIII SMP Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2); 2.
Dinanti, Netty Fitria, Susetyo, dan Utomo. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, vol 3.
Dhanawaty, Ni Made, Satyawati, dan Widarsini. (2017). Pengantar Linguistik Umum. Denpasar; Pustaka Larasan.
Faraudis, Z., Andiani, N. D., & Rahmawati, P. I. (2019). Bingkai Halal dan Non Halal: Studi Kasus Penerapan Halal Food di Restoran Spice Beach Club Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 2(2); 4.
Ismawati, Esti. (2012) . Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa & Satra. Yogyakarta; Ombak.
Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1).
Matanggui, Junaiyah H, dkk. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Tangerang; PT Pustaka Mandiri.
Oktaviani, D. R., & Setiawan, I. (2020). Pengelolaan Bisnis Sanggar Senam Aerobik di Kabupaten Rembang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2); 412.
Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). BASASTRA, 6(1); 95.
Nawangsasi, E. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa S1 Manajemen Tahun 2011 STIE AUB Surakarta. ProBank, 1(1); 52-53.
Novitasari, E., Mustofa, A., & Karomani, K. (2015). Kemampuan Menulis Teks Ulasan/Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(3); 3.
Pateda, Monsoer. (2011). Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung; PT Angkasa.
Pratiwi, I. P. (2019). Kajian Etnografi Batik Gentongan Tanjung Bumi Madura. Jurnal Tata Busana, 8(3); 189.
Rachmawati, E., & Heryana, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Memahami Bacaan Menggunakan Metode Circ Teks Ulasan Film di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2); 3.
Rosjidi, Cholik Harun, Isro’in dan Wahyuni. (2017). Penyusunan Proposal & Laporan Penelitian. Ponorogo; Unmuh Ponorogo Press.
Siregar, N. Y. (2018). Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Dan Unsur Kebahasaan Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Basastra, 7(2); 130.
Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung; PT Refika Aditama.
Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(2); 188.
Setyawati, Nanik. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa: Teori dan Praktik. Surakarta; Yuma Pustaka.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur, dan Djago Tarigan. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung; Angkasa.
Triastuti, W. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Piyungan tahun ajaran 2017/2018. Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta.: (Online), (http://repository.upy.ac.id/1764/ , diunduh 10 Desember 2020).