KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Titik Sudiatmi, Muhlis Fajar Wicaksana, Suparmin Suparmin, Wahyu Dini Septiari

Abstract


Belajar mengajar di perguruan tinggi secara formal selalu identik dengan adanya pertemuan tatap muka antara dosen dan mahasiswa di ruang kelas. Masa-masa pandemi seperti sekarang ini, identitas belajar mengajar melalui tatap muka di ruang kelas mulai bergeser. Mau tidak mau seorang dosen harus menyesuaikan perangkat pembelajarannya yang akan digunakan. Termasuk salah satunya yaitu perangkat pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi.  Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini meliputi: 1) untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi; 2) untuk memberikan gambaran alternatif sebagai harapan perbaikan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi berbasis Problem Based Learning.

Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel melalui purposive random sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 sejumlah 374 orang. Sejumlah 137 0rang (kelas eksprimen) dan 137 orang (kelas control). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis PBL, dan analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan Uji t-dependent.

Harapannya melalui penelitian yang telah dilakukan ini dapat memperkuat bentuk perangkat pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi berbasis Problem Based Learning yang dilaksanakan secara daring. Selain itu, baik dosen ataupun mahasiswa nantinya, sudah tidak menemui kendala lagi dalam melakukan pembelajaran melalui Learning Machine System (LMS) SPADA FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara. Khususnya mata kuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi yang pelaksanakan pembelajarannya secara daring.


Keywords


PBL, LMS, Bahasa

Full Text:

PDF

References


Buckby, M. (1994). Games for Language Learning. Australia: Cambridge University Press.

D. S. Tjandra. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21, J. Pendidik. Agama Kristen, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available:http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip.

Ibrahim Nurhasni (2012). Pengembangan Pembelajaran Tematik dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Makassar: UNM.

Marbun, Purim. (2020). Disain Pembelajaran Online Pada Era dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, Vol. 12 No. 2 Juni 2020, Hal.129-142. https://www.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.

M.Yaumi. (2016). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Pujiasih, Erna. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sukisna. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Metode Gallery Walk Bagi Siswa Kelas X Semester Gasal SMK Negeri 1 Tanjungsari. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 11–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32 699/spektra.v6vi1i.127.

Suryandari, Ayu Wuly dan Feli Cianda Adrin Burhendi. (2020). Studi Pendahuluan Karakteristik Pembelajaran Online Fisika Selama Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020. Tema: Transformasi Pendidikan Menyongsong SDM di Era Society 5.0.

Wicaksana, Muhlis Fajar. (2020). Problems in Indonesian Language Online Learning. Society 5.0 leading in the borderless world. Bookchapter. http://pascasarjana.umm.ac.id/id/pages/detail/publikasi-60/bookchapter-society-50-leading-in-the-borderless-world.html.

Wulandari, M. dan Almenda, T. (2020) Technology for English language Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 313 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i1.13672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats