PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 02 MADIUN LOR KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Lina Wardani Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun
  • Teguh Suharto Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v1i1.1157

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran membaca permulaan dan mendeskripsikan faktor yang menjadi kesulitan dalam  proses pembelajaran membaca permulaan serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam proses pembelajaran permulaan pada siswa kelas I di SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang digunakan adalah narasumber atau informan, tempat penelitian, peristiwa atau aktivitas, dokumen atau arsip. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, guna memperoleh informasi secara mendalam dan relevan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran membaca permulaan, kemampuan kognitif anak tidak sama. Anak yang mempunyai kemampuan kognitif kuat ia akan dengan mudah membaca sebuah kalimat maupun membaca gambar dalam cerita. Tetapi sebaliknya anak yang mempunyai kemampuan kognitif kurang, dalam berpikir pun akan sangat lambat meskipun sebenarnya anak tersebut sudah dapat membaca walaupun lambat. Dalam hal ini hendaknya guru memperhatikan tujuan yang hendak dicapai dalam membaca permulaan bagi peserta didik. Metode dan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan guru dalam melaksankan pembelajaran membaca permulaan.Dengan demikian maka disimpulkan bahwa membaca permulaan merupakansuatuprosesketerampilandan kognitif. Untuk meningkatkan kemampuan membacapermulaan siswadiperlukanpengetahuantentang faktor-faktor yangmempengaruhi kemampuan  membaca. Faktortersebutdapatberasal darisiswa maupun faktorluaryang ikut berpengaruh dalammeningkatkan kemampuan membacapermulaan siswa.

Kata Kunci:Pembelajaran, Membaca Permulaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung:Angkasa

I Gusti Ngurah Oka.2000. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional

Iskandarwassid dan Sunendar, D. 2008.Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: SPs UPI dan PT Rosda Karya

Kundharu Saddhono, St.Y.Slamet. 2012. Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra.

Lexy.J.Moeloeng. 2010.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Nusa Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan.Jakarta:Rajawali Pers

Nurbiana Dhieni. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UT

Pramila Ahuja dan G.C. Ahuja.Membaca Secara Efektif dan Efisien. Jakarta: Kiblat Buku

Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT

ST.Y.Slamet. 2008.Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Solo: UNS Pres

Solchan T.W.dkk. 2009. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Downloads

Published

2017-04-12

Issue

Section

Articles