Pengaruh Thought Experiments Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA

Ahmad Kunari Limantoro, Muhardjito Muhardjito, Nandang Mufti

Abstract


Pemahaman konsep fisika siswa SMA masih rendah, sehingga strategi pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisika. Thought experiments dirancang dengan tujuan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan thought experiment dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Desain peneilitan ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelompok siswa yang belajar menggunakan thought experiments lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


pemahaman konsep fisika; thought experiments; pembelajaran konseptual

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 251 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.