Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Fransvela Romy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan talking stick terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2016 – Juli 2016 dengan eksperimen metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Gorang-gareng tahun pelajaran 2015/1016. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas terbagi menjadi 2 kelompok yang diambil secara clusture random sampling. Kelompok I kelas eksperimen terdiri dari kelas VIII C menggunakan model pembelajaran make a match dan VIII B menggunakan model pembelajaran talking stick. Kelompok II kelas VIII A sebagai kelas control.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kognitif untuk data prestasi belajarsiswa dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan anava dua sel tak sama dengan desain penelitian 3 x 2. Dengan menggunakan software SPSS 17. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: 1). Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match dan Talking stick terhadap prestasi belajar siswa. 2). Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunyai keaktifan tinggi dan rendah. 3). Ada interaksi antara model pembelajaran Make A Matchdan Talking Stick terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif; Prestasi Belajar; Gaya Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 348 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.