Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dan numbered head toghether (NHT) terhadap hasil belajar siswa SMP

Authors

  • Syaiful Fachrurazi Universitas PGRI Madiun
  • Jeffry Handhika Universitas PGRI Madiun
  • Erawan Kurniadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1718

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), Numbered Head Toghether (NHT), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dan numbered head toghether (NHT) terhadap hasil belajar siswa smp. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMPN Puhpelem Wonogiri sedangkan sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah kelas VIII B yang berjumlah 24 siswa terbagi menjadi 10 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen Teknik pengumpulan data degan tes tulis. Instrumen yang digunakan adalah tes yang sebelumnya sudah diuji instrumen meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 67,41 meningkat menjadi 81,03. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif  dalam kegiatan pembelajaran. Kegitan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-10