Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Denanda Brigenta, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran fisika berupa Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP/MTS Kelas VIII Semester Genap(2) Mengetahui kualitas Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP/MTS Kelas VIII Semester Genap melalui penilaian validator dan respon siswa; (3) Mengetahui persentase peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pengembanganModul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.

Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis Discovery Learning adalah adaptasi modelĀ  pengembangan prosedural menurut Sugiyono dan model pengembangan 4-D oleh S. Tiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn L. Semmel. Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian ini yaitu validasi ahli, uji kelas kecil, dan uji coba terbatas. Subjek uji coba adalah 6 siswa untuk uji kelas kecil dari kelas VIII B SMPN 2 Geger dan uji coba terbatas yaitu 20 siswaVIII A SMPN 2 Geger.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pembuatan Modul Berbasis Discovery Learning dalam penelitian ini yaitu analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, membuat instrumen, menentukan format, perancangan, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji coba kelas terbatas; 2) Kualitas Modul Berbasis Discovery Learning ini memperoleh kategori baik dimana yang telah dinilai oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 91,56% (sangat layak) dan ahli media memperoleh presentase sebesar 88,88% (sangat layak) sedangkan pada uji kelas kecil memperoleh presentase sebesar 87,33% (sangat baik) dan uji coba terbatas memperoleh presentase sebesar 85,53% (sangat baik); 3) Hasil pemahaman konsep siswa dilakukan pada uji kelas kecil memperlihatkan peningkatan sedang dengan rata-rata N-Gain dan pada uji coba terbatas memperlihatkan peningkatan sedang dengan rata-rata N-Gain.


Keywords


Modul IPA Fisika; Discovery Learning; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 5718 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.