Etnosains dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan kerja ilmiah siswa

Sudi Dul Aji

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala alam (Yuliati, 2008; Yuliati, 2010; Haryoto, 2012). IPA/Fisika didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan tentang objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah (Yuliati, 2008; Yuliati, 2010; Hudha dkk, 2016).

IPA/Fisika harus dipandang sebagai suatu cara berpikir dalam upaya memahami alam, sebagai suatu cara penyelidikan tentang gejala, dan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang didapatkan dari proses penyelidikan (Collete & Chiapetta, 1994:30) serta menekankan pada pemberian pengalaman langsung (Yuliati, 2008; Yuliati, 2010; Lestari, 2012). IPA/Fisika disini merupakan suatu cara berpikir dan cara penyelidikan untuk mencapai suatu ilmu pengetahuan tentang alam. 


Keywords


etnosains; berpikir kritis; kerja ilmiah

Full Text:

PDF

References


Aji, S.D., & Hudha, M.N. (2015). Dampak PBL Terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 5(2)

Aji, S.D., & Hudha, M.N. (2016). Kerja Ilmiah Siswa SMP dan SMA melalui authentic Problem Based Learning (aPBL). Jurnal Inspirasi Pendidikan. 6 (1)

Aji, S.D., & Hudha, M.N., Permatasari, A.P., Purnama. R.D. (2017). authenthic Problem Based Learning (aPBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(1)

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: 9th Edition. New York: McGraw-Hill.

Atmojo, S. E. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa Terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2) 115-122

Collette, A.T. & Chiappetta, E.L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. New York: MacMillan Publishing.

Etkina, E., Van Heuvelen, A., White-Brahmia, S., Brookes, D.T., Gentile, M., Murthy, S., Rosengrant, D.& Warren,. A. (2006). Scientific abilities and their assessment. Physics Education Research, 2(2) : 1-15

Fogarty, R. (1991). How to integrate the curriculla. Palatine. Illinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc

Haryoto, D. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berdasarkan KTSP di SMP. Jurnal Sains, 40 (2): 105-109

Hudha, M.N., Yuliati, L., & Haryoto, D. (2012). Authentic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran. 2012 (180-186).

Hudha, M.N., Yuliati, L. & Sutopo. (2016). Perubahan Konseptual Fisika dengan Authentic Problem melalui Integrative Learning pada Topik Gerak Lurus pada SMA Suryabuana Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 733-743.

Joseph, M.R. (2010). Ethnoscience and Problems of Method in the Social Scientific Study of Religion. Oxfordjournals. 39(3): 241-249.

Karelina, A & Etkina, E. (2007). Acting like a physicist: Student approach study to experimental design. Physics Education Research 3(2);1-12

Lestari, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Dasar Matematika. Jurnal Sains, 40(1): 16-25.

Permendikbud. (2013). Struktur Kerangka Kurikulum 2013. Jakarta

Sardjiyo. (2005). Pembelajaran Berbasis Budaya Model Inovasi Pembelajaran Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. 6(2): 83-98.

Ullmer, J.H. (2011). The scientific method of Sir William Petty. Erasmus Journal for Philosophy and Economics, 4(2) 1-19.

Wieman, C. (2007). ”Why Not Try? a Scientific Approach to Science Education?”. Change Magazine, 39(5) 9-15.

Wenning, C. J. (2007). Assessing Inquiry Skill as a Component Of Scientific Literacy. Journal Physics Teacher Education Online, 4(2) : 21-24,

Wenning, C. J. (2011). “Experimental Inquiry in Introductory Physics Courses”. Journal Physics Teacher Education Online, 6(2): 2-8,

Yuliati, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pembelajaran UM.

Yuliati, L. (2010). Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pembelajaran UM.


Article Metrics

Abstract has been read : 8374 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.1604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.