Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak
DOI:
https://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350Keywords:
Peran keluarga, dampak gadget pada anakAbstract
Gadget merupakan teknologi yang sangat populer sekarang ini, orang dewasa maupun anak-anak menggunakan gadget, dimana banyak produk-produk gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka dan anak-anak kini telah menjadi konsumen aktif pengguna gadget. Dampak negatif penggunaan gadget yaitu dapat mengganggu kesehatan, menganggu perkembangan anak, mempengaruhi perilaku anak dan penurunan konsentrasi belajar. Peran keluarga yaitu menggambarkan perilaku, sifat dan kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam situasi posisi tertentu. Tujuan Penelitian: Penelitian ini untuk mengetahui peran keluarga dalam menghindari dampak negatif peggunaan gadget pada kesehatan mental anak usia sekolah. Metode Penelitian: menggunakan metode deskriptif analatik dengan pendekatan cross sectional. Sampel menggunakan metode pengambilan Total sampling yaitu 51 keluarga yang memiliki anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian: berdasarkan uji chi-square menunjukan adanya hubungan antara ke dua variabel dengan nilai p=0,000 kurang dari 0,05. Kesimpulan: dari penelitian ini adalah ada hubungan antara peran keluarga dalam menghindari dampak negatif gadget pada kesehatan mental anak usia sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak.Saran: Diharapkan penelitian ini menjadi acuan bagi keluarga untuk selalu memperhatikan anaknya agar tidak selalu menggunakan gadget agar tidak berdampak buruk.
Downloads
References
Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement & Emergence Journal, 1(2), 42–47.
Anggraeni, A., & Hendrizal, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(1).
Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Usia 5 Tahun Ke Atas Yang Memiliki Telepon Seluler Sulawesi Utara.
Dani, R. W. R. (2014). Fenomena Kecanduan Game Online Pada Siswa.
Fahriantini, E. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger di Al-azhar Shifa Budi Samarindai. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(4).
Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap perkembangan Anak Usia Dini.
KIftiyah, I. N., Sagita, S., & Baharudin, A. (2017). Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 3(1), 199–208.
Kominfo. (2017). Jumlah Penetrsi Pengguna Internet. Biro Humas Kementrian Komunikasi Dan Informasi.
Kominfo. (2018). Pengaruh Gadget Pada Anak. Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, 67–69.
Markustianto, D. (2017). Keluarga Sebagai Gadget bagi Anak. Jurnal Profesi, 7(17), 73–77.
Mediasyifa. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Bogor. In Bogor: Institut Pertanian Bogor (pp. 34–35).
Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182–186.
Nuraedah. (2016). Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Anak.
Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Keperawatan, 6(2), 12–21.
Triastuti, Y. (2018). Hubungan Bermain Gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak.
UNICEF. (2014). Perilaku Anak Dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Siaran Pers Kominfo, 21.
WHO. (2014). Dampak Negativ Gedget.
Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. PADAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Pharmed Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Pharmed Journal.
Pharmed has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.