Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Bahaya Merokok di SMAN 1 Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.25273/pharmed.v3i2.7439Keywords:
Pembelajaran Inkuiri, Merokok, Pengetahuan, SikapAbstract
Perilaku merokok sudah mulai banyak dilakukan oleh usia remaja (10-18 tahun). Prevalensi merokok pada remaja di Indonesia sebesar 9,1%. Di Sulawesi Utara prevalensi merokok sebesar 29,64%, angka ini masih diatas rata-rata nasional. Untuk menekan angka prevalensi merokok yang cukup tinggi diperlukan penyuluhan kesehatan yang lebih efektif tentang bahaya merokok pada usia sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap perubahan pengetahuan dan sikap siswa tentang bahaya merokok di SMAN 1 Kotamobagu. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-post test design. Â Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan pengatahuan dan sikap siswa tentang bahaya merokok di SMAN 1 Kotamobagu, diperoleh nilai p = 0,000 (p < 0,05) dengan perbedaan rata-rata skor (mean) pengetahuan responden pada saat pre-test dan post-test sebesar 9,88 dan diperoleh nilai p = 0,000 (p < 0,05) dengan perbedaan rata-rata skor (mean) sikap responden pada saat pre-test dan post-test sebesar 32,31. Disarankan kepada dinas kesehatan Kotamobagu untuk mengembangkan penyuluhan dan memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan tentang model pembelajaran inkuiri.
Downloads
References
Anwar, A., Abdullah, A., & Apriana, E. (2015). Penarapan Problem Based Learning dan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kepedulian Lingkungan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 2(2).
Hutapea, C. E. Z., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. R. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Terhadap Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Pada Siswa di SMP Kristen Tateli. KESMAS, 6(3).
Kemendikbud RI. (2019). Profil SMAN 1 Kotamobagu. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemenkes RI. (2014). Perilaku Merokok Masyarakat Indonesia. Kementrian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama RISKESDAS. Kementrian Kesehatan RI.
Martias, I., & Nursamsi, S. (2017). Pengaruh Penyuluhan Mengenai Bahaya Merokok Menggunakan Media Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Di SMPN 3 Bintan Timur. Jurnal Kesmas Jambi, 1(2), 76–81.
Masyithah, D. C. (2017). Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal EduFisika, 2(01), 51–60.
Nugroho, R. S. (2017). PERILAKU MEROKOK REMAJA (Perilaku Merokok Sebagai Identitas Sosial Remaja Dalam Pergaulan Di Surabaya). Universitas Airlangga.
Nyorong, M., & Burhan, H. (2015). Influence of an Inquiry-Based Learning Model on Maternal Behavior in Response to Diarrhea in Children under the Age of Five Years at the Tempe Health Center, Wajo Regency, Indonesia. Pakistan Journal of Nutrition, 14(11), 792.
Rusmilawaty. (2016). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah Tentang Bahaya Rokok terhadap Perubahan Sikap Perokok Aktif. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2(2), 113–118.
Utami, S., & Sundari, S. (2019). Inquiry-based learning for improving student learning outcomes: literature review. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1), 49–62.
Uzunosmanoglu, E., Gursel, F., & Arslan, F. (2012). The effect of inquiry-based learning model on health-related fitness. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 47, 1906–1910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Pharmed Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Pharmed Journal.
Pharmed has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.