Pengembangan Aplikasi Matematika Android Terintegrasi Keislaman Untuk Mengetahui Level Kognitif Siswa Sekolah Tingkat Dasar

Fikri Apriyono, Indah Wahyuni, Mudrika Mudrika, Lystin Chayatul Jannah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi matematika terintegrasi keislaman berbasis android untuk mengetahui level kognitif siswa dari segi kelayakan dan keefektifan pada aplikasi matematika terintegrasi keislaman berbasis android untuk mengetahui level kognitif siswa Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem atau SDLC (System Development Life Cycle) dengan jenis SDLC waterwall. Data kuantitatif diperoleh dari angket uji produk pengembangan pada pengujian alpha dan beta, sedangkan data kualitatif diperoleh dari pengisian komentar dan saran, baik dari ahli maupun pengguna. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif persentase sedangkan data kualitatif diperoleh melalui pengisian komentar dan saran, baik dari ahli maupun pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan pengujian alpha, modul yang disusun memiliki kelayakan dari ahli materi matematika sebesar 76,89% dikategorikan layak digunakan. Hasil dari ahli materi Keislaman rata-rata persentase sebesar 85,16% dikategorikan sudah layak. Hasil dari ahli desain rata-rata persentase 86,28% dikategorikan layak digunakan. Hasil uji coba terbatas pada pengujian betha rata-rata persentase 90,91%. Hasil dari uji coba kelompok besar pada pengujian betha yang diperoleh dari respons peserta didik memiliki rata-rata persentase 90,83% yang dikategorikan efektivitas baik. Dengan demikian, “Aplikasi Matematika Terintegrasi Keislaman Berbasis Android untuk Mengetahui Level Kognitif Siswa " layak digunakan.

 

 

The aim of this research is to produce an Android-based Islamic integrated mathematics application to determine students' cognitive level in terms of feasibility and effectiveness of an Android-based Islamic integrated mathematics application to determine students' cognitive level. This research uses a system development method or SDLC (System Development Life Cycle) with the SDLC type. waterwall. Quantitative data was obtained from development product test questionnaires in alpha and beta testing, while qualitative data was obtained from filling in comments and suggestions, both from experts and users. Quantitative data analysis uses descriptive percentage techniques, while qualitative data is obtained by filling in comments and suggestions, both from experts and users. The results of the research show that, based on alpha testing, the module prepared has the appropriateness from mathematics material experts of 76.89% and is categorized as suitable for use. The results from Islamic material experts with an average percentage of 85.16% were categorized as adequate. The results from design experts with an average percentage of 86.28% were categorized as suitable for use. The trial results were limited to beta testing with an average percentage of 90.91%. The results of large group trials on beta testing obtained from student responses had an average percentage of 90.83% which was categorized as good effectiveness. Thus, "Android-Based Islamic Integrated Mathematics Application to Determine Students' Cognitive Level" is suitable for use.

 


Keywords


Android; Aplikasi Matematika; Integrasi Keislaman; Level Koignitif; Mathematics Applications; Islamic Integration; Cognitive Level

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7. Diambil dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Anugrahana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Kognitif Dan Kesulitan Belajar Matematika Konsep “Logika” Dengan Model Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 37–46. doi: 10.24246/j.js.2021.v11.i1.p37-46

Ardiansyah, Y., & Wicaksono, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Smart App Creator (Sac) Pada Materi Persamaan Nilai Mutlak. Koordinat Jurnal MIPA, 3(2), 33–42. doi: 10.24239/koordinat.v3i2.42

Astuti, Y., Asmar, A., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2023). Development of mathematics e-module using scientific approach integrated Islamic values for integrated Islamic junior high school. AIP Conference Proceedings, 2698(1).

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Halistin, H., Patih, T., Firman, A. Y., & Karmini, K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Bilangan. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 159–180. doi: 10.21274/jtm.2023.6.2.159-180

Harisma, S. N., Fitriani, N., Nurfauziah, P., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Kesalahan Siswa Mts Dalam Memahami Soal Tes Pada Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi Bloom Level Kognitif. JPMI- Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(2614–2155), 1045–1054. doi: 10.22460/jpmi.v6i3.17517

Hidayat, F., Supratman, S., & Rahayu, D. V. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Mengeksplor Kemampuan Literasi Matematis. Prisma, 12(2), 535. doi: 10.35194/jp.v12i2.3136

Kinanti, V., & Wulantina, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 635–644. doi: 10.31932/j-pimat.v5i1.2280

Kurniati, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. doi: 10.24256/jpmipa.v4i1.251

Layyin, S. N. M., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Terintegrasi Nilai Keislaman. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 2, 95–109.

Majalengka, K., Kulon, M., Majalengka, K., & Majalengka, K. (2019). Prediksi Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa. jurnal Theorems, 4(1), 1–6.

Makmuri, M., Wijayanti, D. A., Salsabila, E., & Nur Fadillah, R. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Persamaan Garis Lurus Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 643–654. doi: 10.31004/cendekia.v5i1.535

Melinda, A., & Fadillah, S. (2023). LEVEL KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI JENIS KEPRIBADIAN berpikir merupakan salah satu tujuan pembalajaran matematika . Menurut Rusdiana ( 2018 ) konsistensi perasaan , pemikiran dan perilaku . Perilaku , pemikiran , da. 4(3), 2068–2079.

Mustafiyanti, M., Putri, M. P., Muyassaroh, M., Noviani, D., & Dylan, M. (2023). A Form of Independent Curriculum, an Overview of Independent Learning at State Elementary School 05 Gelumbang Muaraenim. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 82–96.

Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Labuhan Maringgai. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–24. doi: 10.24127/emteka.v2i1.731

Putri, I. (2019). Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Realistik Mathematic Education (RME) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Fungsi Kelas X SMA Negeri 1 Punggur.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Deskripsi Kebutuhan E-Modul Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 203. doi: 10.56704/jirpm.v3i3.13292

Sasmito, G. . (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publica

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2021). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. doi: 10.31004/cendekia.v6i1.986

Simangunsong, A. R., Rakhmawati, F., & Nuh, M. (2022). Pengembangan Strategi Blended Learning Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl). Pengembangan Strategi Blended Learning Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl). Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(2), 137–151.

Syafitri, L. T., Fitriani, N., & Nurfauziah, F. (2023). Learning Obstacle: Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikann Soal Materi Barisan dan Deret Aritmetika Berdaarkan Level Kognitif. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1091–1098. doi: 10.22460/jpmi.v6i3.17566

Taskiyah, A. N., & Malasari, P. N. (2022). Inovasi Buku Matematika Berpendekatan Realistic Mathematics Education Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Bilangan. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(2), 139. doi: 10.29240/ja.v4i2.5419

To, Y., & Ni, B. (2022). Development of application for practicing high school math problems. 2022 7th International Conference on Business and Industrial Research (ICBIR), 128–131.

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated through GeoGebra Based Teaching reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. International Journal of Instruction, 14(1), 587–598. doi: 10.29333/IJI.2021.14135A


Article Metrics

Abstract has been read : 83 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v13i1.21214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)