PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Perusahaan Food and Beverage Tahun 2013-2017)
DOI:
https://doi.org/10.25273/inventory.v3i2.5241Abstract
The implementation of Corporate Social Responsibility is now very necessary. The purpose of this study is to explain the effect of CSR Disclosure (XI) on Company Value (Y), Profitability (X2) on Company Value (Y), and the role of Capital Structure (Z) as a moderating variable of the influence of CSR (XI) and Profitability (X2 ) of Company Value (Y).The sample in this study is a food and beverage company listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI), in 2013-2017 whose financial statements contain corporate social responsibility activities. Data is taken through financial statements that will be sampled according to the desired criteria. This analysis technique uses statistical analysis, and regression analysis. The results of this study indicate that the Corporate Social Responsibility (CSR) variable has a positive and significant effect on Company Value, the Profitability Variable has a positive and significant effect on Company Value, the Capital Structure Variable significantly strengthens the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Company Value, the Capital Structure Variable significantly strengthens the effect of Profitability on Company Value.
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Profitability, Capital Structure, Company Value.
Downloads
References
Algifari. 2009. Analisis Statistik Bisnis : Badan Penerbit BPFE Yogyakarta
Anggitasari. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Struktur Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasiâ€.
Cinthya Mustafa dan Handayani. 2014. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur.
Dewanggo. 2011. “Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan Terhadap Harga Saham.
Dewi dan Wirajaya. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas DanUkuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan.
Fajriana dan Priantinah. 2016. “Pengaruh Corporate Soccial Responsibility, Keputusan Investasi Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan.
Ghozali Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermuningsih. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening.
Indrawan. 2011. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan.
Kasmir. 2008. “Analisis laporan Keuangan†: Diterbitkan oleh Badan PT RajaGrafindo Persada
Kristi. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Publik Di Indonesia.
Kurnianingsih. 2013. “Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility
Kusumadilaga. 2010. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating.
Lestari dan Ayu. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Instusional Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Non Keuangan Go Public Di Bursa Efek Indonesia.
Mandasari, Kamaliah dan Hanif. 2013. “The Influence Of Corporate Social Responsibility To Firm Value With Profitability And Leverage As A Moderating Variable.
Mardiyati, Ahmad dan Putri. 2012. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010.
Nurlela dan Islahuddin. 2005. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating.
Prof. Dr. Hj Rahmawati. 2012. “Teori Akuntansi Keuangan†: Diterbitkan oleh Badan Graha Ilmu
Rakhiemah dan Agustia. “Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure Daan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Ramadhani. 2012. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Niali Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI.
Ramona Suci. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating.
Retno M dan Priantinah. 2012. “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.
Pratama dan Wirawati. 2016. “Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi.
Puspaningrum yustisia. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Moderating.
Rosiana, Juliarsa dan Sari. 2013. “Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi.
Sambora, Handayani dan Rahayu. 2014. “Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.
Sari, Idrus dan Yuliana. 2018. “Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderating.
Silvia Agustina. 2013. “Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.
Setianingrum. 2015. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi.
Suastini, Purbawangsa dan Rahyuda. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.
Sugiyono. 2011. ’’Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D : Alfabeta Wibowo dan Wartini. 2012. “Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI.
Wardoyo dan Veronica. 2013. “Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaanâ€.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Â
- The copyright of any article is held by its author.
- The author grants the journal, first publication rights with the work licensed concurrently under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with an acknowledgment of authorship and the work's initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as doing so can lead to a productive exchange, as well as earlier and larger citation of the published work.
- Published articles and related materials are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License