Analisis Materialitas Dan Corporate Sosial Responsibility Pada Umkm
DOI:
https://doi.org/10.25273/inventory.v7i2.18127Keywords:
Materialitas, UMKM, CSRAbstract
Penelitian ini kami lakukan di Banyuwangi, banyuwangi dipilih sebagai objek penelitian karena dalam 5 tahun terakhir mengalami perkembangan pariwisata yang begitu pesat serta diimbangi dengan kenaikan drastis jumlah UMKM. dari jumlah UMKM sebanyak 269.267 pada tahun 2015 menjadi 279.706 pada tahun 2020. Peningkatan jumlah ini tak lepas dari adanya peningkatan jumlah kunjungan pariwisata Banyuwangi. Kami melakukan survei pengambilan sampel dengan metode convenience sampling kepada pemilik usaha karena kami meyakini pemilik memiliki pengetahuan yang lebih akan usaha yang dijalankannya. Pengisian survei dilakukan secara langsung dengan mendatangi setiap UMKM sehingga memiliki tingkat respon dan pengembalian yang lebih tinggi. Survei didistribusikan kepada 400 UMKM yang tersebar Banyuwangi dengan menggunakan convenience sampling. Kami tidak menyebarkan kuesioner menggunakan google form atau bantuan aplikasi yang lain karena belum familiarnya pelaku UMKM dengan google form atau aplikasi survey. Adapun UMKM yang kami pilih, adalah UMKM dengan kegiatan menghasilkan barang atau ada proses produksi walaupun hanya sebatas pengemasan ulang. Dari 400 kuesioner disebar sebanyak 388 yang dapat digunakan, 12 kuesioner tidak digunakan karena kurang lengkapnya jumlah isian. Menggunakan perhitungan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 368 untuk bisa dikatakan dapat mewakili populasi. Kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai permasalahan materialitas di UMKM. permasalahan disini mengenai aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup yang berdampak pada profit, people dan planet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu-isu penting bagi UMKM adalah informasi produk, tanggung jawab pemasaran dan pengelolaan sampah. Isu-isu yang masih dianggap biasa bagi UMKM mengenai layanan pelanggan, keberlanjutan dan pemakaian listrik.Downloads
References
Aryanto, “Efek Profitabilitas Pada Pengaruh Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan,†Monex J. Res. Account. Politek. Tegal, vol. 9, no. 1, pp. 158–168, 2020.
A. A. N. K. P. Umawan, “Analisis Pengungkapan Dan Dampak Penerapan Corporate Social Responsibility Di Hotel the Westin Resort Nusa Dua,†E-Jurnal Akunt., vol. 2017, no. 1, pp. 27–50, 2017.
I. G. A. D. C. Dewanti, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Dan Leverage Pada Tax Avoidance,†E-Jurnal Akunt. Udayana, vol. 28, no. 1, pp. 431–443, 2019.
Z. Zhou, H. Zhou, H. Zeng, and X. Chen, “The impact of water information disclosure on the cost of capital: An empirical study of China’s capital market,†Corp. Soc. Responsib. Environ. Manag., vol. 25, no. 6, pp. 1332–1349, 2018.
T. Bel, “Effects of corporate social responsibility towards stakeholders and environmental management on responsible innovation and competitiveness,†J. Clean. Prod., vol. 250, p. 119490, 2020.
S. Charles, J. Jiang, X. Liu, M. Chen, and X. Yuan, “International Journal of Hospitality Management Can corporate social responsibility protect firm value during the COVID-19 pandemic ?,†Int. J. Hosp. Manag., vol. 93, no. June 2020, p. 102759, 2021.
M. Ramzan, M. Amin, and M. Abbas, “Research in International Business and Finance How does corporate social responsibility affect financial performance , financial stability , and financial inclusion in the banking sector ? Evidence from Pakistan,†Res. Int. Bus. Financ., vol. 55, no. July 2020, p. 101314, 2021.
S. C. Anagnostopoulou, A. E. Tsekrekos, and G. Voulgaris, “Accounting conservatism and corporate social responsibility,†Br. Account. Rev., vol. 53, no. 4, p. 100942, 2021
Torelli, R., Balluchi, F., & Furlotti, K. (2020). The materiality assessment and stakeholder engagement: A content analysis of sustainability reports. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(2), 470–484. https://doi.org/10.1002/csr.1813
Sekaran, U. and Bougie, R. (2016) Research Method for Business: a skill building approach, Seventh Edition, John Wiley & Sons, West Sussex, United Kingdom
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Â
- The copyright of any article is held by its author.
- The author grants the journal, first publication rights with the work licensed concurrently under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with an acknowledgment of authorship and the work's initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as doing so can lead to a productive exchange, as well as earlier and larger citation of the published work.
- Published articles and related materials are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License