Evaluasi Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Melalui Analisis Rasio Keuangan APBD Dalam Era Otonomi Daerah Pada Pemerintah Daerah Kota Madiun Tahun 2019-2022

Aan Nurrohman, Ayu Suwarningtyas, Vaisal Amir

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keuangan daerah dan kinerja keuangan pemerintah dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah di Kota Madiun tahun anggaran 2019-2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis rasio pemerintah daerah (rasio kemandirian keuangan daerah, rasio efektivitas dan efesiensi pendapatan asli daerah, rasio keserasian, dan rasio pertumbuhan) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rasio kemandirian keuangan daerah berada pada kriteria rendah yaitu persentase dibawah 50%. Pada rasio efektivitas pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kota Madiun berada pada kriteria sangat efektif dengan persentase diatas 100%. Rasio efesiensi pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kota Madiun terbilang tidak efisien karena persentase yang diperoleh diatas 100%. Rasio keserasian menunjukkan antara belanja operasi dan belanja modal belum seimbang. Rasio belanja operasi berada pada kriteria baik karena persentase yang diperoleh diatas 50%, namun pada rasio belanja modal berada pada kriteria tidak baik karena persentase yang diperoleh dibawah 50%. Pada tingkat rasio pertumbuhan berada pada kriteria rendah karena seluruh komponen rasio pertumbuhan yang meliputi rasio pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD), rasio pertumbuhan pendapatan, rasio pertumbuhan belanja operasi dan rasio pertumbuhan belanja modal seluruhnya memperoleh hasil persentase dibawah 25%.Kata kunci: Kinerja Keuangan, APBD, Otonomi Daerah, Rasio Keuangan Pemerintah

Keywords


Kinerja Keuangan, APBD, Otonomi Daerah, Rasio Keuangan Pemerintah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afiah, Nunuy Nur., Mulyani, Sri., & Alfian Adhi. (2020). “Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual pada Entitas Akuntansi”. Jakarta: Kencana.

Fathah, Rigel Nurul. (2017). “Analisis Rasio Keuangan untuk Penilaian Kinerja pada Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul”. Jurnal EBBANK. Vol 8 No.1.

Halim, Abdul, & Iqbal, Muhammad. (2012). “Bunga Rampai Manjemen Keuangan Daerah (Edisi Ketiga ed.)”. Jogjakarta: UPP AMP YKPN.

Hutabarat, Francis. (2020). “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan”. Banten: Desanta Muliavisitama.

Ismail, (2020). “Pengukuran Kinerja SDM”. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Khusaini, Mohamad., Ashar, Khusnul., & Maski Ghozali. (2021). ”Manajemen Belanja Daerah”. Malang: UB Press.

Mahmudi. (2016). “Analisis Lapoan Keuangan Pemerintah Daerah”. Edisi Ketiga, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, Mohammad (2012). “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta : BPFE.

Nurkholis dan Khusaini, Moh. (2019). “Penganggaran Sektor Publik”. Malang. UB Press.

Siagian, Ester Katerina P. dan Fadjar, Nurman Setiawan. (2022). “Analisis Rasio untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Per-Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2012-2021”. Contemporary Studies In Economic, Finance, And Banking (CSEFB). Vol. 01, No. 03, Hal: 437-450.

Sudaryo, Yoyo., Sjarif, Devyanthi., & Sofianti, Nunung Ayu. (2017) “Keuangan di Era Otonomi Daerah”. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract has been read : 31 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v2i2.19398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FISCAL: Jurnal Akuntansi dan Perpajakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistic