PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA OBYEK WISATA DUMILAH WATER PARK MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.667Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kepuasan pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, untuk menentukan loyalitas pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, dan untuk mengukur apakah ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah 145 pengunjung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 pengunjung. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji dan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana meliputi uji korelasi, uji F dan t-test. Bantuan dalam menganalisis data menggunakan SPSS For Windows versi 16.0. Hasil yang diperoleh dari garis regresi Y = 29.981 + 0,505X, yang berarti bahwa jika ketika kepuasan pelanggan meningkat 1% maka loyalitas pelanggan akan meningkat 0.505% ketika faktor- faktor lain yang dianggap tetap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat nilai rhitung
0,495 dan rtabel  0,191. Berarti bahwa ada hubungan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Sementara, tingkat R² 0,245. Berarti, pengaruh kontribusi kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini juga diperoleh nilai uji F, sedangkan nilai Fhitung 33.478 dan Ftabel 3,932 (Fhitung > Ftabel 33.478 > 3,932). Satu sisi lain Sighit
0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit  < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Dalam t-test dilakukan menyusul di garis regresi Nilai thitung adalah 22.356 dan ttabel 1.771 (thitung  > ttabel 22.356
> 1771). Di sisi lain Sighit 0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti bahwa ada efek yang berbeda dari kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Berdasarkan uji korelasi, Uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari kepuasan pelanggan pada pariwisata loyalitas pelanggan Dumilah Water Park MadiunDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id