PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TOKO ROTI MM MADIUN

Authors

  • Zulfiana Luthfi Hanifah IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.645

Keywords:

Pengembangan Produk, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: a) untuk menentukan pengembangan produk dari produk
pada “MM-Madiun Toko Rotiâ€, b) untuk menentukan volume penjualan pada “MMMadison
Toko Rotiâ€, c) untuk menentukan apakah ada pengaruh antara pengembangan
produk dengan volume penjualan pada “toko roti MM-Madiun†dan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling dari penjualan selama 6 bulan. Untuk
mengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data
menggunakan metode analisis statistik uji t dengan perhitungan uji SPSS versi 16.0. Data
yang digunakan dalam analisis adalah volume penjualan data sebelum dan setelah
pengembangan produk selama 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan produk memiliki efek yang berbeda pada volume penjualan di toko roti MMMadiun.
Hal ini berasal dari nilai t adalah thit -2327 sedangkan nilai ttab 1795. Di sisi lain, nilai
sighit adalah 0,038 dan nilai Sigprob adalah 0,05. Ini berarti bahwa thit > ttab (-2327 > 1,795) atau
Sighit < Sigprob (0,038 < 0,05) menunjukkan penolakan H0 berarti bahwa pengembangan
produk memiliki pengaruh yang berbeda pada volume penjualan di toko roti MM-Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-01

Issue

Section

Articles