EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA A. WAHID HASYIM GADINGMANGU PERAK TAHUN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i2.627Keywords:
Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 dengan diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajarannya, (2)
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 tanpa
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam
pembelajarannya, (3) efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN
Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012,
yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling
kelas, diperoleh X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) dua sampel berpasangan dengan
pengolahan datanya menggunakan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
mean prestasi belajar kelas eksperimen 79,23 dan mean prestasi belajar kelas kontrol 67,70.
Selain itu, juga diperoleh nilai probabilitas (p) < taraf signifikan (á) yang ditetapkan dan thitung
> t-tabel, dengan keterangan angka 0,00 < 0,05 dan 6.95 > 2,042. Maka Hipotesis nol
(Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.
kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 dengan diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajarannya, (2)
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 tanpa
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam
pembelajarannya, (3) efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN
Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012,
yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling
kelas, diperoleh X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) dua sampel berpasangan dengan
pengolahan datanya menggunakan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
mean prestasi belajar kelas eksperimen 79,23 dan mean prestasi belajar kelas kontrol 67,70.
Selain itu, juga diperoleh nilai probabilitas (p) < taraf signifikan (á) yang ditetapkan dan thitung
> t-tabel, dengan keterangan angka 0,00 < 0,05 dan 6.95 > 2,042. Maka Hipotesis nol
(Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
01-07-2014
Issue
Section
Articles
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Ramadhan Prasetya Wibawa, S.Pd., M.Pd
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id