EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA A. WAHID HASYIM GADINGMANGU PERAK TAHUN 2012/2013

Authors

  • Mohammad Imron Rosyadi SMA A. Wahid Hasyim Gadingmangu Perak

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i2.627

Keywords:

Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 dengan diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajarannya, (2)
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 tanpa
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam
pembelajarannya, (3) efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN
Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012,
yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling
kelas, diperoleh X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) dua sampel berpasangan dengan
pengolahan datanya menggunakan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
mean prestasi belajar kelas eksperimen 79,23 dan mean prestasi belajar kelas kontrol 67,70.
Selain itu, juga diperoleh nilai probabilitas (p) < taraf signifikan (á) yang ditetapkan dan thitung
> t-tabel, dengan keterangan angka 0,00 < 0,05 dan 6.95 > 2,042. Maka Hipotesis nol
(Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2014

Issue

Section

Articles