PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KOSGORO 3 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.609Keywords:
Kemandirian Belajar Mahasiswa, Fasilitas Belajar di Sekolah, Prestasi Belajar (KKPI)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada pengaruh
kemandirian belajar dengan prestasi belajar kelas KKPI siswa XI signifikan pengaruh siswa
dari jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen tahun 2013/2014
sekolah. (2) menentukan apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas di sekolah belajar
prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan SMK Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. (3) menentukan apakah ada pengaruh yang
signifikan antara independensi fasilitas belajar siswa dan sekolah bersama-sama terhadap
prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI jurusan tahun akademik Kantor Administrasi SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen 80 siswa dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah proporsional teknik random sampling dengan cara undian. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada belajar mandiri pengaruh yang signifikan
siswa prestasi pada mata pelatihan KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran
SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan dengan harga
rhitung> rtabel atau 0,522> 0,312 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yang
signifikan prestasi belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan KKPI
siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung
Sragen. Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau 0,485> 0,312 pada tingkat
signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh kemandirian signifikan fasilitas belajar siswa dan sekolah
bersama-sama terhadap prestasi di mata pelatihan siswa KKPI kelas XI jurusan Administrasi
Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan
dengan Fhitung> Ftabel atau 13,939> 3,26 pada tingkat signifikansi 5%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id