Penerapan Model Cooperative Learning Metode Think Pare Share Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Kuliah Pengantar Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2019/2020

Ninik Srijani .

Abstract


“Metode TPS (Think Pair Share) adalah proses pembelajaran yang merangsang mahasiswa untuk berfikir, mendiskusikan secara berpasangan, dan mempersentasikan atau berbagi pendapat dengan mahasiswa yang lain”. Dengan metode ini mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan jalan berpikir, berkerjasama, dan melakukan kegiatan berbagi   pada sesama mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis pada semester yang bersamaan. Namun, kenyataannya yang ada pembelajaran di kelas yang terjadi dosen sulit melakukan pengelolaaan kelas, interaksi antara dosen dan mahasiswa kurang optimal, hal ini dikarenakan pada umumnya dosen dalam memberi kuliah, mengajar dengan menerangkan materi dengan bergantung pada metode ceramah, sehingga mahasiswa menjadi pasif dan lebih bersifat ”teacher center”. Harapannya dengan diterapkannya metode TPS dalam pembelajaran mahasiswa dapat menemukan materi pembelajaran secara mandiri dengan dipandu oleh dosen, kemudian memecahkan masalah dengan berpikir, kemudian berpasasangan dengan  teman diskusi dan kemudian berbagi, maka pembelajaran di kelas akan mendorong mahasiswa lebih aktif dan tercipta pembelajaran yang “student center” Dengan pelaksanaan penerapan Program Penugasan dosen di Sekolah yang diterapkan di Program studi Pendidikan Ekonomi pada mata kuliah Pengantar Bisnis dengan mengguna- kan metode TPS (Think-Pair-Share) pembelajaran di kelas mahasiswa lebih aktif dan penuh perhatian terhadap materi yang diajarkan. Pelaksanaan metode TPS dapat   berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan dan sudah diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


Pembelajaran Kooperatif Learning, metode TPS (Think-Pair-Share), Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R., dan A. Kosasih. (2007).

Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.

Bandung: Satu Nusa.

D i r m a n d a n C i c i h J u a r s i h . ( 2 0 1 4 ) .

Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kuri- kulum Tematik. Jogjakarta: DIVA press.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Mertler, C. (2012). Action Research Mengem- bangkan Sekolah Memberdayakan Guru. Terjemahan oleh Daryatno.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Rifai, M. (2015). Komunikasi Pendidikan.

Madiun: Gama Grafika.

Sadiman, A. dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pe- manfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

S a n a k y, A H H u j a i r. ( 2 0 1 3 ) . M e d i a Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.


Article Metrics

Abstract has been read : 656 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats