Penerapan Model Cooperative Learning Metode Think Pare Share Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Kuliah Pengantar Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2019/2020
Abstract
“Metode TPS (Think Pair Share) adalah proses pembelajaran yang merangsang mahasiswa untuk berfikir, mendiskusikan secara berpasangan, dan mempersentasikan atau berbagi pendapat dengan mahasiswa yang lain”. Dengan metode ini mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan jalan berpikir, berkerjasama, dan melakukan kegiatan berbagi pada sesama mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis pada semester yang bersamaan. Namun, kenyataannya yang ada pembelajaran di kelas yang terjadi dosen sulit melakukan pengelolaaan kelas, interaksi antara dosen dan mahasiswa kurang optimal, hal ini dikarenakan pada umumnya dosen dalam memberi kuliah, mengajar dengan menerangkan materi dengan bergantung pada metode ceramah, sehingga mahasiswa menjadi pasif dan lebih bersifat ”teacher center”. Harapannya dengan diterapkannya metode TPS dalam pembelajaran mahasiswa dapat menemukan materi pembelajaran secara mandiri dengan dipandu oleh dosen, kemudian memecahkan masalah dengan berpikir, kemudian berpasasangan dengan teman diskusi dan kemudian berbagi, maka pembelajaran di kelas akan mendorong mahasiswa lebih aktif dan tercipta pembelajaran yang “student center” Dengan pelaksanaan penerapan Program Penugasan dosen di Sekolah yang diterapkan di Program studi Pendidikan Ekonomi pada mata kuliah Pengantar Bisnis dengan mengguna- kan metode TPS (Think-Pair-Share) pembelajaran di kelas mahasiswa lebih aktif dan penuh perhatian terhadap materi yang diajarkan. Pelaksanaan metode TPS dapat berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan dan sudah diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R., dan A. Kosasih. (2007).
Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.
Bandung: Satu Nusa.
D i r m a n d a n C i c i h J u a r s i h . ( 2 0 1 4 ) .
Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kuri- kulum Tematik. Jogjakarta: DIVA press.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Mertler, C. (2012). Action Research Mengem- bangkan Sekolah Memberdayakan Guru. Terjemahan oleh Daryatno.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.
Rifai, M. (2015). Komunikasi Pendidikan.
Madiun: Gama Grafika.
Sadiman, A. dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pe- manfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
S a n a k y, A H H u j a i r. ( 2 0 1 3 ) . M e d i a Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Article Metrics
Abstract has been read : 656 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.