Penerapan Model Cooperative Learning Metode Think Pare Share Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Kuliah Pengantar Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5890Keywords:
Pembelajaran Kooperatif Learning, metode TPS (Think-Pair-Share), Prestasi BelajarAbstract
“Metode TPS (Think Pair Share) adalah proses pembelajaran yang merangsang mahasiswa untuk berfikir, mendiskusikan secara berpasangan, dan mempersentasikan atau berbagi pendapat dengan mahasiswa yang lainâ€. Dengan metode ini mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan jalan berpikir, berkerjasama, dan melakukan kegiatan berbagi  pada sesama mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis pada semester yang bersamaan. Namun, kenyataannya yang ada pembelajaran di kelas yang terjadi dosen sulit melakukan pengelolaaan kelas, interaksi antara dosen dan mahasiswa kurang optimal, hal ini dikarenakan pada umumnya dosen dalam memberi kuliah, mengajar dengan menerangkan materi dengan bergantung pada metode ceramah, sehingga mahasiswa menjadi pasif dan lebih bersifat â€teacher centerâ€. Harapannya dengan diterapkannya metode TPS dalam pembelajaran mahasiswa dapat menemukan materi pembelajaran secara mandiri dengan dipandu oleh dosen, kemudian memecahkan masalah dengan berpikir, kemudian berpasasangan dengan  teman diskusi dan kemudian berbagi, maka pembelajaran di kelas akan mendorong mahasiswa lebih aktif dan tercipta pembelajaran yang “student center†Dengan pelaksanaan penerapan Program Penugasan dosen di Sekolah yang diterapkan di Program studi Pendidikan Ekonomi pada mata kuliah Pengantar Bisnis dengan mengguna- kan metode TPS (Think-Pair-Share) pembelajaran di kelas mahasiswa lebih aktif dan penuh perhatian terhadap materi yang diajarkan. Pelaksanaan metode TPS dapat  berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan dan sudah diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Â
Downloads
References
Angkowo, R., dan A. Kosasih. (2007).
Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.
Bandung: Satu Nusa.
D i r m a n d a n C i c i h J u a r s i h . ( 2 0 1 4 ) .
Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kuri- kulum Tematik. Jogjakarta: DIVA press.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Mertler, C. (2012). Action Research Mengem- bangkan Sekolah Memberdayakan Guru. Terjemahan oleh Daryatno.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.
Rifai, M. (2015). Komunikasi Pendidikan.
Madiun: Gama Grafika.
Sadiman, A. dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pe- manfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
S a n a k y, A H H u j a i r. ( 2 0 1 3 ) . M e d i a Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id