Analisis Penggunaan Modul terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pajak
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5887Keywords:
Modul, Pajak, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan modul terhadap kemampuan pemahaman materi pajak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan bersifat case study. Hasil penelitian ini adalah penggunaan modul mempunyai dampak positif sebesar 85% terhadap kemampuan pemahaman materi pajak. Dengan adanya modul, pembelajaran mahasiswa tidak lagi terpusat pada gooogle saja tanpa adanya referensi lain yang mendukung. Sebagian besar mahasiswa yang tidak mempunyai referensi materi perpajakan terbantu dengan adanya modul perpajakan. Mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari materi perpajakan secara sistematis sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pemahaman materi pajak dapat ditinjau dari ketrampilan mahasiswa dalam menyelesaikan soal evaluasi dalam modul perpajakanDownloads
References
Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. (2009).
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Daryanto. (2008). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media
Jihad , Asep & Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Lasmiyati, Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Mening- katkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 (2): 161-174.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J.
(2014). Qualitative Data Analysis, A
Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Moleong, L. J.2007. Metodologi Penelitian Kua- litatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif M e m b u a t B a h a n A j a r I n o v a t i f . Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualtatif dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id