Analisis Penggunaan Modul terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pajak

Authors

  • Meyta Pritandhari , Wakijo Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5887

Keywords:

Modul, Pajak, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan modul terhadap kemampuan pemahaman materi pajak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan bersifat case study. Hasil penelitian ini adalah penggunaan modul mempunyai dampak positif sebesar 85% terhadap kemampuan pemahaman materi pajak. Dengan adanya modul, pembelajaran mahasiswa tidak lagi terpusat pada gooogle saja tanpa adanya referensi lain yang mendukung. Sebagian besar mahasiswa yang tidak mempunyai referensi materi perpajakan terbantu dengan adanya modul perpajakan. Mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari materi perpajakan secara sistematis sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pemahaman materi pajak dapat ditinjau dari ketrampilan mahasiswa dalam menyelesaikan soal evaluasi dalam modul perpajakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. (2009).

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Daryanto. (2008). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media

Jihad , Asep & Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Lasmiyati, Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Mening- katkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 (2): 161-174.

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J.

(2014). Qualitative Data Analysis, A

Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Moleong, L. J.2007. Metodologi Penelitian Kua- litatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif M e m b u a t B a h a n A j a r I n o v a t i f . Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualtatif dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

23-01-2020

Issue

Section

Articles