Penerapan Metode Pemberian Balikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis Pada Siswa Kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Arum Yuliani SMK Negeri 1 Magetan

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5886

Keywords:

Metode Pemberian Balikan, Aktivitas Belajar, Kompetensi

Abstract


Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang bagaimana peningkatan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis terhadap data tersebut, diketahui bahwa kompetensi siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian balikan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. (1993). Srategi Penelitian

Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arifin, Zaenal. (2008). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur P e n e l i t i a n ( S u a t u P e n d e k a t a n Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi et al. (2007). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. (2004).

Kurikulum SMK Edisi 2004 Bidang

Keahlian Bisnis dan Manajemen P ro g r a m K e a h l i a n A d m i n i s t r a s i Perkantoran, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,

Direktorat Pendidikan Menengah

Kejuruan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembe- lajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Makmun, Abin Syamsudin. (2007). Psikologi Pendidikan, Perangkat, Sistem Peng- ajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

__________. (2006). Kurikulum yang D i s e m p u r n a k a n , P e n g e m b a n g a n Standar Kompetensi dan Kompetensi D a s a r . B a n d u n g : P T. R e m a j a Rosdakarya.

Nur, Muh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Prayitno. (2014). Dasar Teori dan Praksis

Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo.

Rachman, Saiful et al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC bekerja sama dengan Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur.

Rustiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Safary. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Asosiasi Peng- awas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. (2002). Metoda Statistika.

Bandung: Tarsito.

____________. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Penilaian Hasil Pembelajaran http://smacepiring.wordpress.com/ diakses tanggal 06/06/2014.

. (2014). Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran . http://smacepiring.wordpress.com/06/

/2014.

Sugiyanto. (2007). Modul PLPG Model- M o d e l P e m b e l a j a r a n I n o v a t i f . Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

S u p a r n o d a n Wa r a s K a m d i . ( 2 0 0 8 ) .

Pengembangan Profesionalitas Guru. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon

Sutrisno dan Liyah Tjarliyah. (2008).

Mengatur Perjalanan Dinas Pimpinan, Bandung: Yudhistira.

Suyanto, Kasihani KE. (2008). Model-Model Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15.

The Liang Gie. (1988). Administrasi Perkantoran Modern. Yogjakarta: Supersukses dan Nur Cahaya.

Wursanto, Ig. (2004). Kompetensi Sekretaris

Profesional. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

23-01-2020

Issue

Section

Articles