Penerapan Metode Pemberian Balikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis Pada Siswa Kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5886Keywords:
Metode Pemberian Balikan, Aktivitas Belajar, KompetensiAbstract
Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang bagaimana peningkatan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII APk-2 SMK Negeri 1 Magetan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis terhadap data tersebut, diketahui bahwa kompetensi siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian balikan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi Mengatur Perjalanan Bisnis pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Downloads
References
Ali, Mohammad. (1993). Srategi Penelitian
Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arifin, Zaenal. (2008). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur P e n e l i t i a n ( S u a t u P e n d e k a t a n Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi et al. (2007). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. (2004).
Kurikulum SMK Edisi 2004 Bidang
Keahlian Bisnis dan Manajemen P ro g r a m K e a h l i a n A d m i n i s t r a s i Perkantoran, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,
Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembe- lajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Makmun, Abin Syamsudin. (2007). Psikologi Pendidikan, Perangkat, Sistem Peng- ajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
__________. (2006). Kurikulum yang D i s e m p u r n a k a n , P e n g e m b a n g a n Standar Kompetensi dan Kompetensi D a s a r . B a n d u n g : P T. R e m a j a Rosdakarya.
Nur, Muh. (2001). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Prayitno. (2014). Dasar Teori dan Praksis
Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo.
Rachman, Saiful et al. (2006). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC bekerja sama dengan Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur.
Rustiyah, N. K. (1991). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Safary. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi, Jakarta: Asosiasi Peng- awas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2002). Metoda Statistika.
Bandung: Tarsito.
____________. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Penilaian Hasil Pembelajaran http://smacepiring.wordpress.com/ diakses tanggal 06/06/2014.
. (2014). Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran . http://smacepiring.wordpress.com/06/
/2014.
Sugiyanto. (2007). Modul PLPG Model- M o d e l P e m b e l a j a r a n I n o v a t i f . Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
S u p a r n o d a n Wa r a s K a m d i . ( 2 0 0 8 ) .
Pengembangan Profesionalitas Guru. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon
Sutrisno dan Liyah Tjarliyah. (2008).
Mengatur Perjalanan Dinas Pimpinan, Bandung: Yudhistira.
Suyanto, Kasihani KE. (2008). Model-Model Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15.
The Liang Gie. (1988). Administrasi Perkantoran Modern. Yogjakarta: Supersukses dan Nur Cahaya.
Wursanto, Ig. (2004). Kompetensi Sekretaris
Profesional. Yogjakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id