Dampak Intellectual Intelligence (IQ) dengan Kebiasaan pada Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5884Keywords:
Intellectual Intelligence (IQ), Kebiasaan, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian dilakukan bertujuan mendapatkan hasil dari dampak Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Kartini Jember. Dalam pengambilan sampel sebanyak 35 siswa, melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data dibantu dengan penyebaran kuesioner yang diberikan pada responden. Sedangkan untuk membuktikan hipotesa penelitian, digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi linear berganda, terdapat dampak yang signifikan secara parsial antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar, siswa kelas XI Pemasaran 1 di SMK Kartini Jember, hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (2,373) > ttabel (1,684) untuk variabel kecerdasan intelektual (IQ) dan thitung (2,130) > ttabel
(1,684) pada variabel kebiasaan belajar. Pada pengujian secara simultan diperoleh hasil Fhitung (10,498) > Ftabel (3,30) dengan taraf sig. 0,000, sehingga kesimpulan hasil penelitian terdapat dampak antara Intellectual Intelligence (IQ) dengan kebiasaan pada prestasi belajar siswa.
Downloads
References
Andartari. (2011). Pengaruh Kemampuan Intelektual (IQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pada SMA LABSCHOOL Rawamangun, Jurnal, Fakultas Ekonomi, UNJ Rawamangun.
Cholil dan Sugeng Kurniawan. (2011).
Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik, Surabaya: IAIN Sunan
Ampel Press.
C h u s n a , U s w a t u l . ( 2 0 1 3 ) . P e n g a r u h K e c e r d a s a n E m o s i o n a l D a n Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Matematia Siswa Kelas VII MTsN Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri (2002). Psikologi
Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Satya Nugraha, Aditya. (2013). Pengaruh
Antara Motivasi, Kecerdasan, Dan
Kebiasaan Belajar Matematika Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Semester 2 Kelas VIII B SMP Negeri 2 Ngadirojo, Naskah Publikasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pen- didikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tati'ah, Infirul. (2010). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2
Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran
/2010, Skripsi, Program Studi T a d r i s M a t e m a t i k a , J u r u s a n Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan N a s i o n a l ( S I S D I K N A S ) . 2 0 0 3 . Bandung: Citra Umbara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id