Pengembangan media Powtoon untuk meningkatkan motivasi dan pembelajaran ekonomi

Authors

  • Sulistyo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Walipah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Falentina Rahayu Widya Ningsih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i13.21849

Abstract

Pengembangan media pembelajaran menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Salah satu media berbasis animasi adalah Powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon untuk materi ekonomi tentang pasar dan aktivitas ekonomi di SMA Negeri 6 Malang. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian mencakup analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yaitu validasi media oleh ahli menunjukkan hasil baik pada aspek materi, bahasa, dan media, dapat dikatakan layak meski ada ruang perbaikan. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai siswa dari rata-rata pre-test ke post-test dengan tingkat efektivitas sangat tinggi. Media Powtoon terbukti layak serta dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa melalui penyajian visual yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video animasi merupakan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mendukung pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, sejalan dengan penerapan Kurikulum Merdeka untuk pendidikan yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulistyo, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Prodi Akuntansi FEB Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Downloads

Published

09-04-2025