Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen UMKM kue kering bolu citra snack Rogojampi

Authors

  • Dina Ikrima Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sri Redjeki Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i13.21474

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Menjamurnya UMKM yang menjual produk makanan di daerah Banyuwangi. Hal ini membuat para pebisnis berlomba berinovasi memberikan yang terbaik kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh  kualitas produk, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial dan simultan.Penelitian ini dilakukan di UMKM Citra Snack Rogojampi. Metode penelitian yang dipakai yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden yang merupakan konsumen dari citra snack. Pengelolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. harga memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. citra merek memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap konsumen. Untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan penelitian dengan memilih variabel bebas lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-01-2025