Analisis strategi marketing produk pembiayaan syariah terhadap pelaku UMK kuliner di Yogyakarta

Authors

  • Fiqih Ardiansyah Universitas Ahmad Dahlan
  • Mufti Alam Adha Universitas Ahmad Dahlan
  • Riduwan - Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.20687

Keywords:

Strategi, Marketing, Pembiayaan Syariah, UMK Kuliner

Abstract

Peningkatan persaingan di sektor syariah membuat BPRS Madina Syariah perlu menetapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target pembiayaan dan keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar masyarakat mengetahui dan menggunakan produk pembiayaan yang ditawarkan oleh BPRS Madina Syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini pencarian gambar atau pengamatan langsung terhadap realitas. Untuk memperoleh berbagai data yang dapat digunakan untuk menganalisis dan memahami aspek-aspek perilaku tertentu dalam analisis strategi pemasaran produk keuangan syariah pelaku UMK kuliner di Yogyakarta. Hasil penelitian yang dilakukan, menyimpulkan bahwa dalam memperkenalkan produk pembiayaan terhadap pelaku UMK kuliner BPRS Madina Syariah menggunakan internet marketing, promosi, membangun hubungan baik dengan masyarakat dan door to door.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Jalal. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Kcp Medan Pulo Brayan Dalam Peningkatan Pembiayaan Usaha Mikro. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, Vol. 2 No. 2, Maret (2022) e-ISSN: 2797-0469, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Agusetyaningrum, V., Mawardi, M., & Pangestuti, E. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada Ukm Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 105–111.

Anggraeni, L., Puspitasari, H., El Ayyubi, S., & Wiliasih, R. (2013). Akses UMKM terhadap Pembiayaan Mikro Syariah dan Dampaknya terhadap Perkembangan Usaha: Kasus BMT Tadbiirul Ummah, Kabupaten Bogor. Al-Muzara’ah, 1(1), 56–67.

Dimas Hendika Wibowo. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Erlindawati. (2018). Prinsip Manajemen Pembiayaan Syariah Erlindawati,. 82–97.

Kara, M., & Program. (2013). Konstribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Syariah Dan Hukum, 47, No 23.(1), 2.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. MUQTASID Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 95.

Nurmala, Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, Emilda, Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.

Prasastinah Usanti, T. (2019). Pengelolaan Risiko Pembiayaan Di Bank Syariah. ADIL: Jurnal Hukum, 3(2), 408.

Setiawan, I. (2021). Pembiayaan UMKM, Kinerja Bank Syariah Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(2), 263–278.

Suci, Y. R. (2008). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Upp.Ac.Id, 1, 1–31.

Sujarweni, V. W. (2017). Implementasi Penentuan Harga Pokok Produksi Untuk Mencapai Laba Optimal (Studi Pada Sentra Ukm Industri Bakpia Di Wilayah Minomartani Sleman Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 1111–1124.

Suretno, S., & Bustam, B. (2020). Peran Bank Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional Melalui Pembiayaan Modal Kerja Pada Umkm. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(01), 1.

Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). 4(1), 84–90.

Wieke Tsanya Fariat. (2021). Teori dan Praktik Manajemen Bank Syariah Indonesia. In Penerbit Insania (Issue March).

Downloads

Additional Files

Published

31-07-2024

Issue

Section

Articles