Pengaruh kampus mengajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.20487Keywords:
kampus mengajar, kesiapan mahasiswa menjadi guruAbstract
Kampus Mengajar merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pengajaran. Kesiapan mahasiswa menjadi guru terbentuk dari berbagai pengalaman dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kampus mengajar terhadap  kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 sampai 4 di STKIP PGRI Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini berjumlah 201 mahasiswa dan sampel penelitian ini berjumlah 67 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kampus mengajar berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru.
Downloads
References
A. Khan, M. K. Hasana, T. M. Ghazal, S. Islam, H. M. Alzoubi, U. A. Mokhtar, R. Alam, & M. Ahmad. (2022). Collaborative Learning Assessment via Information and Communication Technology. 2022 RIVF International Conference on Computing and Communication Technologies (RIVF), 311–316. https://doi.org/10.1109/RIVF55975.2022.10013841
Alim, M. M., Prasetyo, K., & -, S. (2019). Improving student collaboration skills: The influence of the STAD learning model. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(8), p92137. https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.08.2019.p92137
Azmi Difa Fadilah, Nisrina Tiara Adinda, & Ichsan Fauzi Rahman. (2024). Mewujudkan Pendidikan Inklusif Dan Berkelanjutan Dengan Literasi Digital: Peran Teknologi Di Era Sdgs 2030. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5 SE-Articles), 106–121. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1284
Bajracharya, J. R. (2019). Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp. Journal of Education and Research, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.3126/jer.v9i2.30459
Davis, M. L., Witcraft, S. M., Baird, S. O., & Smits, J. A. J. (2017). Chapter 3 - Learning Principles in CBT (S. G. Hofmann & G. J. G. B. T.-T. S. of C. B. T. Asmundson, eds.). San Diego: Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803457-6.00003-9
Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 351–364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125
Jaybhaye, S. M., Natekar, D., Nayakodi, P., Raut, N., & Jahagirdar, O. (2023). TeachAR-Augmented reality-based Education application. Journal of Physics: Conference Series, 2601(1), 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2601/1/012012
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Kemdikbud. (2021). Pemanfaatan Teknologi di Dunia Pendidikan. ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemanfaatan-teknologi-di-dunia-pendidikan
Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012142. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142
Moares, R., Jadhav, V., Bagul, R., Jacbo, R., Rajguru, S., & K, R. (2020). Inter AR: Interior Decor App Using Augmented Reality Technology. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3513248
Nurjanah, A., & Yeni, F. (2022). Buku Panduan Guru Ekonomi untuk SMA Kelas XI. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pramesti, O. B., Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612
Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. PT Dian Rakyat.
Rafi’y, M., Ferry Irawan, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669–682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243
Ribosa, J. (2022). Student-Generated Teaching Materials: A Scoping Review Mapping the Research Field. 23. https://doi.org/10.14201/eks.27443
Rohmad, & Sarah, S. (2021). Pengembangan Instrumen Angket. Penerbit K-Media.
Safitri, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022 [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/16956/1/AYU%20SAFITRI_T20189008.pdf
Santi, L. N., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality (Ar) Menggunakan Assemblr Apps Pada Tema 9 “Menjelajah Angkasa Luar†Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31(2), 78. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p078
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909
Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566–4571. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharni, L. T., & Fachrudin, F. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Assure Di Sekolah Dasar. 3(3).
Susanto, H. A. & Rasiman. (2020). Developing Model-Eliciting Activities with the ASSURE Model. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225859074
T. González-Cacho & A. Abbas. (2022). Impact of Interactivity and Active Collaborative Learning on Students’ Critical Thinking in Higher Education. IEEE Revista Iberoamericana de Tecnologias del Aprendizaje, 17(3), 254–261. https://doi.org/10.1109/RITA.2022.3191286
Tarangul, L., & Romaniuk, S. (2022). The Usage of Augmented Reality Technology in the Educational Process of Higher Education Institutions. Problems of Education, 1(96), 187–204. https://doi.org/10.52256/2710-3986.1-96.2022.12
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Education Social Sciences, 2(1). https://doi.org/DOI: 10.21274
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id