Pengaruh kampus mengajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru

Lilis Muflicha, Lina Susilowati

Abstract


Kampus Mengajar merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pengajaran. Kesiapan mahasiswa menjadi guru terbentuk dari berbagai pengalaman dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kampus mengajar terhadap  kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 sampai 4 di STKIP PGRI Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini berjumlah 201 mahasiswa dan sampel penelitian ini berjumlah 67 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kampus mengajar berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru.


Keywords


kampus mengajar; kesiapan mahasiswa menjadi guru

Full Text:

PDF

References


A. Khan, M. K. Hasana, T. M. Ghazal, S. Islam, H. M. Alzoubi, U. A. Mokhtar, R. Alam, & M. Ahmad. (2022). Collaborative Learning Assessment via Information and Communication Technology. 2022 RIVF International Conference on Computing and Communication Technologies (RIVF), 311–316. https://doi.org/10.1109/RIVF55975.2022.10013841

Alim, M. M., Prasetyo, K., & -, S. (2019). Improving student collaboration skills: The influence of the STAD learning model. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(8), p92137. https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.08.2019.p92137

Azmi Difa Fadilah, Nisrina Tiara Adinda, & Ichsan Fauzi Rahman. (2024). Mewujudkan Pendidikan Inklusif Dan Berkelanjutan Dengan Literasi Digital: Peran Teknologi Di Era Sdgs 2030. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5 SE-Articles), 106–121. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1284

Bajracharya, J. R. (2019). Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp. Journal of Education and Research, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.3126/jer.v9i2.30459

Davis, M. L., Witcraft, S. M., Baird, S. O., & Smits, J. A. J. (2017). Chapter 3 - Learning Principles in CBT (S. G. Hofmann & G. J. G. B. T.-T. S. of C. B. T. Asmundson, eds.). San Diego: Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803457-6.00003-9

Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 351–364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125

Jaybhaye, S. M., Natekar, D., Nayakodi, P., Raut, N., & Jahagirdar, O. (2023). TeachAR-Augmented reality-based Education application. Journal of Physics: Conference Series, 2601(1), 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2601/1/012012

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Kemdikbud. (2021). Pemanfaatan Teknologi di Dunia Pendidikan. ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemanfaatan-teknologi-di-dunia-pendidikan

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012142. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

Moares, R., Jadhav, V., Bagul, R., Jacbo, R., Rajguru, S., & K, R. (2020). Inter AR: Interior Decor App Using Augmented Reality Technology. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3513248

Nurjanah, A., & Yeni, F. (2022). Buku Panduan Guru Ekonomi untuk SMA Kelas XI. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pramesti, O. B., Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612

Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. PT Dian Rakyat.

Rafi’y, M., Ferry Irawan, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669–682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243

Ribosa, J. (2022). Student-Generated Teaching Materials: A Scoping Review Mapping the Research Field. 23. https://doi.org/10.14201/eks.27443

Rohmad, & Sarah, S. (2021). Pengembangan Instrumen Angket. Penerbit K-Media.

Safitri, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022 [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/16956/1/AYU%20SAFITRI_T20189008.pdf

Santi, L. N., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality (Ar) Menggunakan Assemblr Apps Pada Tema 9 “Menjelajah Angkasa Luar” Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31(2), 78. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p078

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909

Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566–4571. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharni, L. T., & Fachrudin, F. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Assure Di Sekolah Dasar. 3(3).

Susanto, H. A. & Rasiman. (2020). Developing Model-Eliciting Activities with the ASSURE Model. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225859074

T. González-Cacho & A. Abbas. (2022). Impact of Interactivity and Active Collaborative Learning on Students’ Critical Thinking in Higher Education. IEEE Revista Iberoamericana de Tecnologias del Aprendizaje, 17(3), 254–261. https://doi.org/10.1109/RITA.2022.3191286

Tarangul, L., & Romaniuk, S. (2022). The Usage of Augmented Reality Technology in the Educational Process of Higher Education Institutions. Problems of Education, 1(96), 187–204. https://doi.org/10.52256/2710-3986.1-96.2022.12

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Education Social Sciences, 2(1). https://doi.org/DOI: 10.21274

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 10 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.20487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats