Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen di klinik kecantikan Jember

Authors

  • Fanny Dwi Anjani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • David K Susilo Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Noviana Mariatul Ulfa Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.19819

Keywords:

Harga, Promosi, Keputusan Konsumen, Klinik Kecantikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center dan Navagreen, berdasarkan latar belakang pemilihan masalah penelitian tentang pentingnya memahami bagaimana harga dan promosi dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih layanan di klinik kecantikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen. Metode penelitian yang digunakan berbasis positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 91 responden yang merupakan konsumen di kedua klinik tersebut. Data diperoleh melalui kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan nilai t-hitung untuk harga adalah 2,559 dan untuk promosi adalah 4,503, keduanya lebih besar dari t-tabel 0,2061. Oleh karena itu, peningkatan harga dan promosi dapat meningkatkan keputusan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE Yogyakarta. Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling, 32–41.

Hurlock, E. (2006). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Ed. 5). Erlangga.

Khraim, H. (2011). The Influence of Brand Loyalty on Cosmetics Buying Behavior of UAE Female Consumers (p. 9). International Journal of Marketing Studies.

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. A. (2012). Principles of marketing (Edisi ke-14). (Harap tambahkan penerbit jika tersedia).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Mardiyah, N. K. (2022). Pengaruh harga, promosi, citra merek, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada klinik kecantikan naavagreen di yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Y.O.U pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490.

Melliana, A. S. (2006). Menjelajah tubuh: perempuan dan mitos kecantikan. LKiS Yogyakarta.

Mulyana, A. (2019). Media and cultural preference: Watching activity on pay television.

International Journal of Communication Research, 9(1), 53-58.

Salqaura, dkk. (2024). Analisis green price dan green place terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Kecamatan Tapian Dolok. Universitas Medan Area

Saraswati, L. A. (2013). Putih: Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. Pustaka Larasan.

Sugiono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.

Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.

Pustaka Baru Press.

Sulaiman, E. S. (2012). Pendidikan dan Promosi Kesehatan: Teori dan Implementasi di Indonesia. (Nama Penerbit).

Supit, D. D. (2019). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang produk kecantikan (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.

Syofian. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Wiharsari, J. C. (2019). Konsep kecantikan dan pemanfaatan produk kos metik wajah pada mahasiswa surabaya (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Airlangga. Diakses dari https://repositoy.unair.ac.id/88341/

Downloads

Published

29-07-2024

Issue

Section

Articles