Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen di klinik kecantikan Jember
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.19819Keywords:
Harga, Promosi, Keputusan Konsumen, Klinik KecantikanAbstract
Penelitian ini dilakukan di Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center dan Navagreen, berdasarkan latar belakang pemilihan masalah penelitian tentang pentingnya memahami bagaimana harga dan promosi dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih layanan di klinik kecantikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen. Metode penelitian yang digunakan berbasis positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 91 responden yang merupakan konsumen di kedua klinik tersebut. Data diperoleh melalui kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan nilai t-hitung untuk harga adalah 2,559 dan untuk promosi adalah 4,503, keduanya lebih besar dari t-tabel 0,2061. Oleh karena itu, peningkatan harga dan promosi dapat meningkatkan keputusan konsumen.
Downloads
References
Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE Yogyakarta. Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling, 32–41.
Hurlock, E. (2006). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Ed. 5). Erlangga.
Khraim, H. (2011). The Influence of Brand Loyalty on Cosmetics Buying Behavior of UAE Female Consumers (p. 9). International Journal of Marketing Studies.
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. A. (2012). Principles of marketing (Edisi ke-14). (Harap tambahkan penerbit jika tersedia).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Mardiyah, N. K. (2022). Pengaruh harga, promosi, citra merek, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada klinik kecantikan naavagreen di yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Y.O.U pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490.
Melliana, A. S. (2006). Menjelajah tubuh: perempuan dan mitos kecantikan. LKiS Yogyakarta.
Mulyana, A. (2019). Media and cultural preference: Watching activity on pay television.
International Journal of Communication Research, 9(1), 53-58.
Salqaura, dkk. (2024). Analisis green price dan green place terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Kecamatan Tapian Dolok. Universitas Medan Area
Saraswati, L. A. (2013). Putih: Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. Pustaka Larasan.
Sugiono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.
Pustaka Baru Press.
Sulaiman, E. S. (2012). Pendidikan dan Promosi Kesehatan: Teori dan Implementasi di Indonesia. (Nama Penerbit).
Supit, D. D. (2019). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang produk kecantikan (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.
Syofian. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Wiharsari, J. C. (2019). Konsep kecantikan dan pemanfaatan produk kos metik wajah pada mahasiswa surabaya (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Airlangga. Diakses dari https://repositoy.unair.ac.id/88341/
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id