Pengembangan bahan ajar majalah interaktif berbantuan augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa

Ardhita Eko Ginanjar, Anita Dwi Anggraeni, Jun Surjanti, Retno Mustika Dewi, Muhammad Abdul Ghofur

Abstract


Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas mengalami perkembangan pesat terutama setelah diterapkannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Hal ini adalah sebuah peluang untuk memaksimalkan kemampuan kolaborasi siswa di kelas menjadi lebih efektif. Sayangnya, kesempatan tersebut belum bisa dimanfaatkan secara maksimal terkhusus di kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme yang masih membutuhkan pengembangan bahan ajar untuk mengakomodasi kebutuhan gaya belajar audio visual siswa hingga 80%. Kebutuhan ini berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan guna menilai efektivitas majalah interaktif berbantuan AR dalam meningkatkan hasil belajar serta keterampilan kolaborasi antar murid. Riset dilaksanakan pada Oktober - Desember 2023 berlokasi di SMA Negeri 1 Cerme pada kelas XI-10 dengan jumlah 25 siswa, berjenis Research and Development (R&D) yang membuahkan produk berupa majalah interaktif, yang dirancang berdasarkan model ASSURE. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran menggunakan majalah interaktif berbantuan AR efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme secara signifikan. Pembelajaran menggunakan majalah interaktif berbantuan AR juga efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi antar siswa kelas XI-10 SMA Negeri 1 Cerme.


Keywords


Bahan ajar majalah interaktif; Model ASSURE; Augmented reality

Full Text:

PDF

References


A. Khan, M. K. Hasana, T. M. Ghazal, S. Islam, H. M. Alzoubi, U. A. Mokhtar, R. Alam, & M. Ahmad. (2022). Collaborative Learning Assessment via Information and Communication Technology. 2022 RIVF International Conference on Computing and Communication Technologies (RIVF), 311–316. https://doi.org/10.1109/RIVF55975.2022.10013841

Alim, M. M., Prasetyo, K., & -, S. (2019). Improving student collaboration skills: The influence of the STAD learning model. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(8), p92137. https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.08.2019.p92137

Azmi Difa Fadilah, Nisrina Tiara Adinda, & Ichsan Fauzi Rahman. (2024). Mewujudkan Pendidikan Inklusif Dan Berkelanjutan Dengan Literasi Digital: Peran Teknologi Di Era Sdgs 2030. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5 SE-Articles), 106–121. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1284

Bajracharya, J. R. (2019). Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp. Journal of Education and Research, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.3126/jer.v9i2.30459

Davis, M. L., Witcraft, S. M., Baird, S. O., & Smits, J. A. J. (2017). Chapter 3 - Learning Principles in CBT (S. G. Hofmann & G. J. G. B. T.-T. S. of C. B. T. Asmundson, eds.). San Diego: Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803457-6.00003-9

Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 351–364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125

Jaybhaye, S. M., Natekar, D., Nayakodi, P., Raut, N., & Jahagirdar, O. (2023). TeachAR-Augmented reality-based Education application. Journal of Physics: Conference Series, 2601(1), 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2601/1/012012

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Kemdikbud. (2021). Pemanfaatan Teknologi di Dunia Pendidikan. ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemanfaatan-teknologi-di-dunia-pendidikan

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012142. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

Moares, R., Jadhav, V., Bagul, R., Jacbo, R., Rajguru, S., & K, R. (2020). Inter AR: Interior Decor App Using Augmented Reality Technology. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3513248

Nurjanah, A., & Yeni, F. (2022). Buku Panduan Guru Ekonomi untuk SMA Kelas XI. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pramesti, O. B., Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612

Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. PT Dian Rakyat.

Rafi’y, M., Ferry Irawan, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669–682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243

Ribosa, J. (2022). Student-Generated Teaching Materials: A Scoping Review Mapping the Research Field. 23. https://doi.org/10.14201/eks.27443

Rohmad, & Sarah, S. (2021). Pengembangan Instrumen Angket. Penerbit K-Media.

Safitri, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Majalah Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Silo Tahun Pelajaran 2021/2022 [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/16956/1/AYU%20SAFITRI_T20189008.pdf

Santi, L. N., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality (Ar) Menggunakan Assemblr Apps Pada Tema 9 “Menjelajah Angkasa Luar” Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31(2), 78. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p078

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909

Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566–4571. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharni, L. T., & Fachrudin, F. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Assure Di Sekolah Dasar. 3(3).

Susanto, H. A. & Rasiman. (2020). Developing Model-Eliciting Activities with the ASSURE Model. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225859074

T. González-Cacho & A. Abbas. (2022). Impact of Interactivity and Active Collaborative Learning on Students’ Critical Thinking in Higher Education. IEEE Revista Iberoamericana de Tecnologias del Aprendizaje, 17(3), 254–261. https://doi.org/10.1109/RITA.2022.3191286

Tarangul, L., & Romaniuk, S. (2022). The Usage of Augmented Reality Technology in the Educational Process of Higher Education Institutions. Problems of Education, 1(96), 187–204. https://doi.org/10.52256/2710-3986.1-96.2022.12

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Education Social Sciences, 2(1). https://doi.org/DOI: 10.21274

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 64 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.19545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats