Penerapan digital marketing pada sosial media terhadap strategi komunikasi pemasaran produk jasa pada Supoyo Consultant
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i1.18186Keywords:
Digital Marketing, Brand Awareness, Komunikasi Pemasaran, Strategi PemasaranAbstract
Dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, berbagai perusahaan muncul dengan tujuan membuat barang dan jasa. Meningkatnya penggunaan sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan forum komunikasi sosial media lainnya, memaksa organisasi untuk mengubah pendekatan komunikasi mereka secara tidak sengaja. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan adalah digital marketing. Banyak bisnis menggunakan media sosial yang berkembang dengan pesat untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Untuk menarik perhatian audiens, konten harus menarik dan mengikuti tren saat ini. Supoyo Consultant merupakan perusahaan konsultan manajemen yang memiliki masalah dengan brandingnya di media sosial yang kurang efektif, yang kurang membangun brand awareness. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengamati, menyelesaikan, dan terjun secara langsung dengan menggunakan metode pelaksanaan observasi dan partisipasi aktif dalam pembuatan content marketing untuk meningkatkan kesadaran merek. Digital marketing memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil menunjukkan bahwa membuat konten kreatif dan menarik di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, LinkedIn, dan YouTube dapat meningkatkan kesadaran merek perusahaan dan menjadi alat pemasaran untuk membangun kesadaran merek. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, perusahaan harus memahami kebutuhan audiens, melakukan analisis media sosial, dan kemudian memilih konten yang paling sesuai dengan jenis konten yang diproduksi. Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat atau konsekuensi bagi pihak yang berkepentingan dalam bentuk peningkatan wawasan, informasi, dan pengetahuan. Selain itu, diharapkan bahwa penelitian ini akan berkontribusi pada penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan digital marketing yang belum dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
References
Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4(10)), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05
Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 585–593. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042
Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722
Ferica, S., & Parlindungan, D. R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop @ diet _ inget _ irwan. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(2), 53–58. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/149
Ii, B. A. B., Teori, L., & Hipotesis, D. A. N. (2016). Digital Marketing Digital Marketing, 10 (September), 8–31
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mariani, M., & Baggio, R. (2022). Big data and analytics in hospitality and tourism: a systematic literature review. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(1), 231–278. https://doi.org/10.1108/IJCHM-03-2021-0301
Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). Pengaruh Atmosfir Store, Brand Identity, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Borobudur Management Review, 1(1), 12–31. https://doi.org/10.31603/bmar.v1i1.5009
Saputro, A., & Sugiharto, S. (2018). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Dalam Membentuk Brand Identity Sebagai Variabel Intervensi Terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Strategi Pemasaran, 5, 1–8.
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.744
Zuhroh, B. A. P. & S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, X(2), 144–160.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id