Penerapan digital marketing pada sosial media terhadap strategi komunikasi pemasaran produk jasa pada Supoyo Consultant

Muhammad Ricky Setiawan, Eko Purwanto

Abstract


Dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, berbagai perusahaan muncul dengan tujuan membuat barang dan jasa. Meningkatnya penggunaan sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan forum komunikasi sosial media lainnya, memaksa organisasi untuk mengubah pendekatan komunikasi mereka secara tidak sengaja. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan adalah digital marketing. Banyak bisnis menggunakan media sosial yang berkembang dengan pesat untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Untuk menarik perhatian audiens, konten harus menarik dan mengikuti tren saat ini. Supoyo Consultant merupakan perusahaan konsultan manajemen yang memiliki masalah dengan brandingnya di media sosial yang kurang efektif, yang kurang membangun brand awareness. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengamati, menyelesaikan, dan terjun secara langsung dengan menggunakan metode pelaksanaan observasi dan partisipasi aktif dalam pembuatan content marketing untuk meningkatkan kesadaran merek. Digital marketing memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil menunjukkan bahwa membuat konten kreatif dan menarik di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, LinkedIn, dan YouTube dapat meningkatkan kesadaran merek perusahaan dan menjadi alat pemasaran untuk membangun kesadaran merek. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, perusahaan harus memahami kebutuhan audiens, melakukan analisis media sosial, dan kemudian memilih konten yang paling sesuai dengan jenis konten yang diproduksi. Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat atau konsekuensi bagi pihak yang berkepentingan dalam bentuk peningkatan wawasan, informasi, dan pengetahuan. Selain itu, diharapkan bahwa penelitian ini akan berkontribusi pada penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan digital marketing yang belum dibahas dalam penelitian ini.


Keywords


Digital Marketing; Brand Awareness; Komunikasi Pemasaran; Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4(10)), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05

Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 585–593. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722

Ferica, S., & Parlindungan, D. R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop @ diet _ inget _ irwan. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(2), 53–58. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/149

Ii, B. A. B., Teori, L., & Hipotesis, D. A. N. (2016). Digital Marketing Digital Marketing, 10 (September), 8–31

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mariani, M., & Baggio, R. (2022). Big data and analytics in hospitality and tourism: a systematic literature review. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(1), 231–278. https://doi.org/10.1108/IJCHM-03-2021-0301

Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). Pengaruh Atmosfir Store, Brand Identity, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Borobudur Management Review, 1(1), 12–31. https://doi.org/10.31603/bmar.v1i1.5009

Saputro, A., & Sugiharto, S. (2018). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Dalam Membentuk Brand Identity Sebagai Variabel Intervensi Terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Strategi Pemasaran, 5, 1–8.

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.744

Zuhroh, B. A. P. & S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, X(2), 144–160.


Article Metrics

Abstract has been read : 540 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i1.18186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats