Pengalaman calon guru ekonomi dalam pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru

Authors

  • Dies Nurhayati Universitas PGRI Wiranegara
  • Putri Ayu Anisatus Shalikha Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17416

Keywords:

Calon Guru Ekonomi, Pembelajaran Bermakna, Model Kompetensi Guru

Abstract

Berdasarkan hasil obesrvasi awal pada mahasiswayang mengikuti perkuliahan micro teaching ditemukan fakta bahwa mayoritasmahasiswa calon guru tidak tertarik menjadi guru sehingga kurang memiliki kesungguhan dalam mengikuti perkuliahan. Sedangkan pada semester selanjutnya, mahasiswa tersebut wajib mengikuti program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) yang berhubungan langsung dengan mahasiswa. Peneliti bersama dengan koordinator mata kuliah micro teaching memfasilitasi mahasiswa dengan pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru yang mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi dalam menerapkan pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru di kelas micro teaching. Metode yang digunakan untuk mengungkap pengalaman belajar mahasiswa calon guru yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menguak pengalaman perkuliahan micro teaching dengan mindful learning berbasis model kompetensi guru memberikan praktik baik, yaitu: (1) menumbuhkan kesadaran diri sebagai calon guru ekonomi; (2) menstimulus semangat belajar materi pelajaran ekonomi; dan (3) meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asga, A. R. dkk. (2023). Panduan Operasional Model Kompetensi Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Baer, R., Crane, C., Miller, E., & Kuyken, W. (2019). Doing no harm in mindfulness-based programs: Conceptual issues and empirical findings. Clinical Psychology Review, 71(December 2018), 101–114. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2019.01.001

Creswell, J. W. (2015). PENELITIAN KUALITATIF & DESAIN RISET Memilih di antara Lima Pendekatan (EDISI KE-3). In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, K. (2023). PERATURAN DIREKTUR JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 2626/B/HK.04.01/2023 TENTANG MODEL KOMPETENSI GURU.

E.Langer, J. (2000). Mindful Learning. Article in Current Directions in Psychological Science.

Flook, L., Goldberg, S. B., Pinger, L., Bonus, K., & Davidson, R. J. (2013). Mindfulness for Teachers: A Pilot Study to Assess Effects on Stress, Burnout and Teaching Efficacy. Mind Brain & Education, 7, 182–195. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/mbe.12026

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Permenristekdikti. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru. In Kemenristekdikti.

Priscayanti, K. S. (2020). Mindful Learning in Poetry: Being Creative and Productive In The Pandemic of Covid-19. International Virtual Conference on Language and Literature Proceeding, 1(December), 119–125.

Sonia Piscayanti, K. (2018). The power of mindful learning in professional development course. SHS Web of Conferences, 42, 00100. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200100

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zhang, D., Lee, E. K. P., Mak, E. C. W., Ho, C. Y., & Wong, S. Y. S. (2021). Mindfulness-based interventions: An overall review. British Medical Bulletin, 138(1), 41–57. https://doi.org/10.1093/bmb/ldab005

Downloads

Published

17-08-2023

Issue

Section

Articles