Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang

Authors

  • Roni Wiranata STKIP PGRI Lumajang
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo
  • Siti Aisyah STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17368

Keywords:

Profesionalisme, Sertifikasi, Kinerja Guru

Abstract

Profesionalisme merupakan unsur dari kompetensi guru. Indentifikasi keprofesionalan seorang guru dapat dibuktikan dengan kualitas kinerja yang baik dan juga diidentik dengan tunjangan profesi. Tunjangan profesi guru diproses melalui program sertifikasi yang diupayakan pemerintah untuk memberikan hak kepada guru yang keprofesionalnnya dianggap berkualitas sehingga dapat mempengaruhi kinerja yang positif. Tujuan dari research ini: (1) pengaruh profesionalisme dan sertifikasi secara parsial pada kinerja guru, (2) pengaruh profesionalisme dan sertifikasi secara simultan pada kinerja pendidik (3) variabel yang lebih dominan mempenggarui Kinerja guru. Penelitian ini dirancang dan dibuat dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam research ini seluruh guru mata pelajaran IPS SMP Negeri se-Kabupaten Lumajang yang berjumlah 159 orang dengan mengambil sampel sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan juga sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan Profesionalisme dan Sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap variable kinerja Guru Matapelajaran IPS di SMP Negeri se-Kabupaten Lumajang. Hasil nilai koefisien determinasi R2 menunjukkan nilai prosentase sebesar 28,4% variable kinerja guru IPS di kabupaten Lumajang dapat dipengaruhi oleh profesionalisme dan sertifikasi, sedangkan sisanya yaitu 71,6% kinerja guru dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Arellano, C. N., Lyn, C., & Romana, C. S. (2022). First Batch of BSCS Graduates under the K- 12 Curriculum Plus Pandemic : An Evaluation on the Quality of Graduates. November, 25– 26.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Farezhena, S., & Wijayaningsih, L. (2022). The Effect of Professional Allowances and Teacher Professionalism on Teacher Performance. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2022.82-01

Güven, M. (2022). Multicultural Teacher Competencies Scale for Primary Teachers : Development and Implementation Study * (Vol. 12, Issue December). https://doi.org/10.31704/ijocis.2022.018

Hendrawan, A., & Pradhanawati, A. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 357–367.

Indajang, K., Sherly, Halim, F., & Sudirman, A. (2021). The Effectiveness of Teacher Performance in Terms of the Aspects of Principal Leadership, Organizational Culture, and Teacher Competence. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 560(Acbleti 2020), 402–408. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.078

Iqmalia, N., Istiqomah, I., & Hartono, S. (2022). Kinerja guru di tinjau dari profesionalisme, motivasi kerja dan iklim organisasi. Forum Ekonomi, 24(2), 395–401. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10733

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106. Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik.

Edukasi, 1(3), 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/. • PDF file Makovec, D. (2018). The teacher’s role and professional development. International Journal of

Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M

Muyasaroh. (2016). KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN

PROFESIONALISME. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Rakhman, F., Surur, M., & Wiranata, R. (2023). Analysis of Principals ’ Leadership Strategies in Improving Teacher Performance and Organizational Culture. 7(1), 1128–1134.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Sudarmono;, Maisah;, Fikri, A., & Hasanah, N. (2021). The impact of teacher education on teacher attitudes. DIJEMSS Dinasti International Journal Of Education Management and Social Science, 2(3), 535–553. https://doi.org/10.1080/1359866X.2016.1145322

Wang, L., Lai, M., & Lo, L. N.-K. (2014). Teacher professionalism under the recent reform of performance pay in Mainland China. PROSPECTS, 44(3), 429–443. https://doi.org/10.1007/s11125-014-9315-0

Widowati, K. (2012). PENGARUH SERTIFIKASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN. Pendidikan Akuntansi, FKIP-UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA, 66, 37–39.

Downloads

Published

17-08-2023

Issue

Section

Articles