Studi etika bisnis masyarakat Ambon dalam praktik ekonomi

Authors

  • S Sucipto Universitas Terbuka
  • Yahya Reka Wirawan Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.15023

Keywords:

Etika Bisnis, Dimensi Religiusitas, Masyarakat Ambon

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisa aktivitas bisnis mereka selama ini untuk mengetahui secara jelas etika bisnis yang harus disingkap untuk menjadi sebuah pendidikan ekonomi yang dapat diterapkan oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan dimensi religiusitas dari Glock dan Stark, menjadikan masyarakat Ambon sebagai data primer untuk menggali fakta-fakta lapangan dengan teknik analisis data reduksi, data display dan verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Dimensi keyakinan mereka ada yang berasal secara alami dalam melakukan bisnis untuk mengetahui baik dan buruk, dan ada yang dengan melalui pendidikan tertentu. Dimensi pengalam mereka bersifat materialis dan spiritualis, dimensi pengamalannya dilandasi skap wajar, tanggungjawab dan adil, dimensi konsekuensinya adalah selalu siap belajar dari segala kemungkinan baik dan buruk dalam bisnis sesuai kesadaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bassam, Abdullah bin Abdurrahman. (2003). Taudhih Al-Ahkam min Bulugh Al-Maram.Mekah: Maktabah Al-Asadi, 2003.

An-Nabhani.(1996). Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam.Jakarta: Risalah Gusti.

As-Salus, Ali Ahmad. (2022). Mausu’ah Al-Qadhaya Al-Fiqhiyyah Al-Mu’ashirah wa Al-Iqtishad Al-Islamiyyah. Mesir: Maktabah Dar Al-Qur’an.

Asy-Syatibi.(2004). Al-Muwafaqat.Beirut: Dar al-Kutub Al-Ilmiyah.

Ataei, Azam. Effect of the Islamic Values on Economical Activities and Behaviour: From Production to Marketing, Jurnal: Reef Resources Assessment and Management Techincal Paper, Vol. 40, 2014), 515.

Bertens,K. (2000).Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Ernawan.(2007).Business Ethics.Bandung: Alfabeta, 2007.

Fauzan (2013). Pengaruh Religiusitas Terhadap Etika Berbisnis. Jurnal JMK, vol. 15 no. 1,.

Hendayana, Yayan dan Nandang.(2018). Bisnis itu Indah.Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Ismail, Muhammad dan Muhammad Karebet.(2022). Menggagas Bisnis Islami.Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Purwanto, Kalis. Mengelola Hati Menggapai Bisnis yang Selalu Untung.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pusat Bahasa Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Qardhawi, Yusuf. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam.Jakarta: Gema Insani.

Roberston, Roland. (1993). (edisi terjemah), Agama: Dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Romanu, Abid, et.al. (2021). Malar Kritis Keberagamaan.Yogyakarta: IRCiSoD.

Stark dan Glock.(1970). Patterns of Religious Commitment.London: University of California.

Stark.(2000). Act of Faith: Explaiinig the Human Side of Religion. London: University of California.

Supardi.(2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Cet.1.Yogyakrta: UII Press.

Tegar, Nanang. (2019). Panduan Lengkap Manajemen Distribusi.Bantul: Anak Hebat Indonesia.

Thabathaba’I. (1997). Al-Qur’an fi Al-Islam, diterjemahkan oleh A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas, Mengungkap Rahasia Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Wardaya, Anton, et.al.,(2020).Strategic Management of Digital Era.Surabaya: Artha Karya Pusaka.

Downloads

Published

31-01-2023

Issue

Section

Articles