Pembelajaran daring dan kepuasan belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK) Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara selama masa pandemi Covid-19
Abstract
Pembelajaran daring atau dalam jaringan adalah suatu model pembelajaran yang dilaksanakan tidak secara tatap muka menggunakan media pembelajaran online. Sangat membutuhkan fasilitas penunjang pembelajaran dan koneksi internet yang cepat. pembelajaran daring yang dilaksakan dengan baik maka mahasiswa merasakan kepuasan dalam belajar, sehingga terjadi peningkatan indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh pembelajaran daring terhadap indeks prestasi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Wiranegara selama masa pandemi covid-19. (2) pengaruh kepuasan belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Wiranegara selama masa pandemi covid-19. (3) pengaruh pembelajaran daring dan kepuasan belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Wiranegara selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi universitas PGRI wiranegara menggunakan 3 angkatan 2018, 2019, 2020 karna angkatan tersebut merasakan parah pandemi covid-19 dan pembelajaran daring. angkatan tersebut berjumlah 164 diambil sampel penelitian menggunkan rumus slovin mendapatkan 62 sampel. Hasil penelitian ini berdasarkan pengujian hipotesis (1) Secara parsial variabel pembelajaran daring (X1) menunjukkan thitung sebesar 3,003 dan nilai signifikansi 0,004, nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi (Y). (2) Secara parsial variabel kepuasan belajar (X2) menunjukkan thitung 2,550 dan signifikansi 0,013 nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi (Y). (3) Secara simultan nilai fhitung menunjukkan 62,971 dengan tingkat nilai signifikansi dari hasil uji sig 0,000 < 0,05 maka swcara simultan pembelajaran daring dan kepuasan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap indeks prestasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Heldina Pristanti, S. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa di Era Pandemic Covid 19. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Ningsih, R. S. (2021). Efek Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 3.
Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52-65.
Roman Andrianto Pangondian, P. I. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) , 58.
Sadikin, A. d. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224.
Upami, L. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Motivasi, dan Pemahaman Akuntansi Terhadap. ejournal.untag-smd.ac.id, 2.
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan Penerapan. . kita menulis.
Imania, S., Indarti, N., & Sobakh, N. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA. PROSIDING TRANSFORMASI PEMBELAJARAN NASIONAL (PRO-TRAPENAS), 1(1), 314-326.
Article Metrics
Abstract has been read : 352 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.