Telaah pendidikan: preferensi orang tua memilih sekolah swasta daripada sekolah negeri
Abstract
Pendidikan swasta merupakan pilihan kedua yang dapat ditempuh setelah pendidikan negeri terpenuhi. Pandangan tersebut tentunya telah bergeser melihat perkembangan dunia pendidikan saat ini. Saat ini lembaga pendidikan swasta telah menarik perhatian setiap orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Menilik beberapa alasan yang sahih dari beberapa penelitian yang digabungkan menjadi satu, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini sesuai dengan realita yang ada. Hasil penelitian menemukan beberapa alasan kuat bagi orang tua untuk memilih sekolah swasta daripada sekolah negeri. Hasil tersebut didominasi oleh faktor-faktor seperti prestasi akademik, fasilitas sekolah, kualitas guru, kinerja sekolah, jumlah lulusan yang diterima universitas ternama, kedisiplinan yang diterapkan sekolah, lokasi strategis yang dapat dijangkau dengan transportasi umum, fasilitas sekolah yang lengkap, beberapa anggota keluarga bersekolah di sana terlebih dahulu, nilai-nilai agama yang digunakan di sekolah, biaya pendidikan di sekolah, dan sekolah swasta yang bernuansa Islam sangat memperhatikan motif ideologis, motif edukatif, motif strukturalis, motif ekonomi, dan motif pragmatis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alsaudi, F. (2016). Reasons Influencing Selection Decision Making of Parental Choice of School. International Journal of Research in Education and Science, Vol 2 (1), 201-2011.
Arumsari, N. (2017). Strategi Branding SD Negeri dalam Menghadapi Persaingan dengan SD Islan Terpadu. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Berry, M.A. (2002). Healthy School Environment And Enhanced Educational Performance:The Case Of Charles Young Elementary School Washington, DC, The Carpet and Rug Institute.
BPS. (2021). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bawah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2021/2022. Badan Pusat Statistik. Website: https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/dzdoVmp3YWdGNU0yWEgraVIwbmRqZz09/da_04/1. Diakses pada 01 November 2022.
Dronkers, J., & S, Avram. (2010). Social Class Dimensions in The Selection of a Private School: A Cross-National Analysis Using PISA. Educational Research and Evaluation, 4-5.
Fairlie, RW. (2006). Racial Segregation and The Private/Public School Choice. Univercity of California: Santa Cruz.
Flatley, J. (2001). Parents’ Experiences of the Process of Choosing a Secondary School. Research Report: Department f or Education and Skills.
Goldring, E., dan Rowley, K.J. (2006). Parent Preferences and Parent Choices: The Public-Private Decision About School Choice. National Research and Development Center on School Choice, Competition and Achievement.
Harma, Joanna. (2011). Low Cost Private Schooling in India: Is it Pro Poor and Equitable?. International Journal of Education Development, Vol. 31, 350-356.
Heyneman, S. P., & Stern, J. M. B. (2014). Low cost private schools for the poor: What public policy is appropriate?. International Journal of Educational Development, 35, 3–15. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2013.01.002.
Jubelina, & Supramono. (2013). Strategi Bersaing Sekolah Kristen Lentera Ambarawa. Satya Widya, Vol. 29(2), 73-82.
Juhaidi, Ahmad. (2019). Siswa dari Keluarga Tidak Mampu di Sekolah Swasta, Mungkinkah Bersaing dengan Anak Orang Kaya ?. Proceeding Anual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). 11-24.
Kularajasingam, J., Suppramaniam, S., & Sharmin, N. (2019). Factors Influencing Parents Decision in Selecting Private Schools in Chittagong City, Bangladesh. IJRTE, Vol. 7, 318-330.
Lestari, Utiya Ika., & Suprapto, Yuni. (2017). Persepsi Wali Siswa terhadap SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Fokum Ilmu Sosial, Vol. 44 (1), 55-67.
Martono, Nanang., Puspitasari, Ellis., & Wardiyono, FX. (2020). Strategi Bertahan SMA Swasta Pilihan Kedua Menghadapi Kompetisi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 5 (1), 1-12.
Monc, D., & Plecki, M.L. (1999). Generating and Managing Resources for School Improvement. The Handbook of Research on Educational Administration.
Nurahimag, Mohf Yusof., & Osman, R. (2010). Hubungan Kualitis Penyediaan Pengajaran dan Pembelajaran di Bilik Darjah dengan Efikasi Guru. Asia Pacific Journal of Education, Vol.25,53-71.
Peterson P. E., & Llaudet E. (2006). On the Public-Private School Achievement Debate. Philadelphia.
Rahman, Muhammad Adi. (2016). Memberdayakan Orang Tua: Kebijakan Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas dan Pendanaan Sekolah. Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).
Rehman, N.U., Khan, G., Triq, M., & Tasleem, S. (2010). Determinants of Parents Choice in Selection of Private Schools for Their Children in District Peshawar of Khyber Pakhtunkhwa Province. Vol. 44 (1). 140-151
Sinaga, Rani Farida. (2017). Analisis Faktor Dominan yang Mempengaruhi Pemilihan Sekolah Swasta untuk Tingkat SMA di Kota Medan. Jurnal Suluh Pendidikan, Vol.4 (1), 77-86.
Smith, H.H. (2000). The Citizen’s Guide to Planning (3 rd Ed). Chicago, Illinois: American Planning Association.
Tyagita, Briggitta Putri Atika. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 3 (1), 67-79.
Van Pelt, D., Allison, P., & Allison, D. (2007).Ontario’s Private Schools: Who Chooses Them and Why? A Fraser Institute Occasional Paper. Retrrieved from The Fraser Institute. Wesite: http://www.fraserinstitute.org/commerce.web/product_files/OntariosPrivateSchools.pdf
Wilkinson, D. (2004). The Accountability of Private Schools to Public Values. The Australia Institute.
Yacoob, Noor Alyani., Osman, Mariana Mohamed., & Bachok, Syahirah. (2014). Factors Influencing Parent’s Decision in Choosing Private Schools. Procedia Social and Behavioral Science, Vol. 153, 242-253.
Yosepha Pusparisa. (2020). Sekolah Swasta Dominasi Kepemilikan Kelas Berstatus Baik. Databoks. Website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/07/sekolah-swasta-dominasi-kepemilikan-kelas-berstatus-baik. Diakses pada 01 November 2022.
Zuilkowski, Stephanie Simmons., Piper, Benjamin., Ong’ele, S., & Kiminza, Onesmus. 2017. Parents, Quality, and School Choice: Why Parents in Nairobi Choose Low-Cost Private Schools Over Public Schools in Kenya’s Free Primary Education Era. Oxford Review of Education, 1465-3915.
Article Metrics
Abstract has been read : 3410 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.