UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA KOMPETENSI DASAR KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 MADIUN KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (a) mengetahui peningkatan mutu belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing Kelas XI IPS 2 2018/2019 (b) Setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kemauan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga putaran penelitian tindakan. Setiap putaran terdiri dari empat fase: desain, aktivitas dan observasi, pertimbangan dan revisi. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2. Data yang diperoleh merupakan hasil tes formatif berupa lembar observasi untuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa pada Siklus I (38%), Siklus II (68%) dan Siklus III (86%) meningkat. Kesimpulan dari survei ini adalah penerapan metode pembelajaran snowball throw memberikan dampak positif yaitu dapat memotivasi siswa untuk belajar, dibuktikan dengan wawancara dengan beberapa siswa. teknik Snowball Throwing memotivasi siswa untuk belajar. Model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran ekonomi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori. 2010. Penggunaan Model Belajar
Snowball Throwing dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hajaroh, Mami. 2014. Pengembangan
Evaluasi Afektif Mata Kuliah
Pendidikan Agama Islam Di Prodi
D-II PGSD Guru Kelas Universitas
Negeri Yogyakarta. Artikel.
Yogyakarta: FIP Universitas Negeri
Yogyakarta.
Hizbullah. 2011. Prinsip Fungsi dan Kriteria
dalam Pemilihan Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Irwanto. 2015. Psikologi Umum. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Kunandar. 2015. Guru Profesional
Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dan
Persiapan Menghadapi Sertifikasi
Guru. Jakarta:Raja Grafindo
Persada.
M. Djazari; dkk. 2015. Evaluasi Prestasi
Belajar Mahapeserta didik Program
Kelanjutan Studi Jurusan
Pendidikan Akutansi Ditinjau dari
IPK D3 Dan Asal Perguruan Tinggi.
Universitas Negeri Yogyakarta:
JurnalPendidikan Akutansi
Indonesia, Vol. IX No. 2.
Mulyatiningsih, Endang. 2016. Metode
Penelitian Terapan Bidang
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ngalim Purwanto. 2003. Ilmu Pendidikan
Teoritis dan Praktis. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang
mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Statistik
Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sudjana, Nana. 2015. Penelitian dan
Penilaian Pendidikan. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi PAIKEM
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilo, Herawati. 2015. Penelitian Tindakan
Kelas sebagai Sarana
Pengembangan Keprofesionalan
Guru dan Calon Guru.
Malang:Bayumedia Publishing.
Uno, Hamzah B & Mohamad, Nurdin. 2011.
Belajar dengan Pendekatan
PAIKEM: Pembelajaran Aktif,
Inovatif, Lingkungan, Kreatif,
Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi
Aksara
Yamin, Sofyan dan Kurniawan, Heri. 2014.
SPSS Complete: Teknik Analisis
Terlengkap dengan Software SPSS.
Jakarta: Salemba Infotek.
Article Metrics
Abstract has been read : 374 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.