UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA KOMPETENSI DASAR KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 MADIUN KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KW Setiabudi

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (a) mengetahui peningkatan mutu belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing Kelas XI IPS 2 2018/2019 (b) Setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kemauan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga putaran penelitian tindakan. Setiap putaran terdiri dari empat fase: desain, aktivitas dan observasi, pertimbangan dan revisi. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2. Data yang diperoleh merupakan hasil tes formatif berupa lembar observasi untuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa pada Siklus I (38%), Siklus II (68%) dan Siklus III (86%) meningkat. Kesimpulan dari survei ini adalah penerapan metode pembelajaran snowball throw memberikan dampak positif yaitu dapat memotivasi siswa untuk belajar, dibuktikan dengan wawancara dengan beberapa siswa. teknik Snowball Throwing memotivasi siswa untuk belajar. Model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran ekonomi.


Keywords


Prestasi Belajar Ekonomi; Kompetensi Dasar; Model Pembelajaran; Snowball Throwing.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori. 2010. Penggunaan Model Belajar

Snowball Throwing dalam

Meningkatkan Keaktifan Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hajaroh, Mami. 2014. Pengembangan

Evaluasi Afektif Mata Kuliah

Pendidikan Agama Islam Di Prodi

D-II PGSD Guru Kelas Universitas

Negeri Yogyakarta. Artikel.

Yogyakarta: FIP Universitas Negeri

Yogyakarta.

Hizbullah. 2011. Prinsip Fungsi dan Kriteria

dalam Pemilihan Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Irwanto. 2015. Psikologi Umum. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Kunandar. 2015. Guru Profesional

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan

Persiapan Menghadapi Sertifikasi

Guru. Jakarta:Raja Grafindo

Persada.

M. Djazari; dkk. 2015. Evaluasi Prestasi

Belajar Mahapeserta didik Program

Kelanjutan Studi Jurusan

Pendidikan Akutansi Ditinjau dari

IPK D3 Dan Asal Perguruan Tinggi.

Universitas Negeri Yogyakarta:

JurnalPendidikan Akutansi

Indonesia, Vol. IX No. 2.

Mulyatiningsih, Endang. 2016. Metode

Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ngalim Purwanto. 2003. Ilmu Pendidikan

Teoritis dan Praktis. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang

mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sudjana, Nana. 2015. Penelitian dan

Penilaian Pendidikan. Bandung:

Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning

Teori dan Aplikasi PAIKEM

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo, Herawati. 2015. Penelitian Tindakan

Kelas sebagai Sarana

Pengembangan Keprofesionalan

Guru dan Calon Guru.

Malang:Bayumedia Publishing.

Uno, Hamzah B & Mohamad, Nurdin. 2011.

Belajar dengan Pendekatan

PAIKEM: Pembelajaran Aktif,

Inovatif, Lingkungan, Kreatif,

Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi

Aksara

Yamin, Sofyan dan Kurniawan, Heri. 2014.

SPSS Complete: Teknik Analisis

Terlengkap dengan Software SPSS.

Jakarta: Salemba Infotek.


Article Metrics

Abstract has been read : 374 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats