Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11937Keywords:
Prestasi Belajar, IPS, Group InvestigationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan Hasil belajar IPS materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui model group investigation pada siswa kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SMP Negeri 1 Pogalan. Penelitian Tindakan Kelas di laksanakan di SMP Negeri 1 Pogalan, yang merupakan tempat peneliti melaksanakan tugas sebagai guru bidang di mata pelajaran IPS setiap harinya. Siswa kelas VII-A menjadi obyek peneliti dan materi yang digunakan adalah bidang studi IPS Pokok Bahasan Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Ekonomi di SMP Negeri 1 Pogalan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan pada semester I. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan penggunaan model group Investigation,, dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran IPS melalui model group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas kelas VII-A Semester 1 Tahun ajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Pogalan . Hal tersebut dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 67.50 pada siklus II sebesar 75.00. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata 7.5. Di samping nilai rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melihat persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 1 siswa yang telah tuntas sebanyak 19 anak (60%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 13 anak (40%). Pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 29 anak (91%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 3 anak (9%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 31%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa
Depdiknas. 2004. Kerangka asar Kurikulum 2004. Jakarta
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas
Djamarah, Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Nasution, 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi. Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zingaro, D. 2008. Group Investigation: Theory and Practice. Journal of Ontario Institute for Studies in Education. Ontario: Institute for Studies in Education.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id