Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Endang Mayawati SMPN 1 Pogalan Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11937

Keywords:

Prestasi Belajar, IPS, Group Investigation

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan Hasil belajar IPS materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui model group investigation pada siswa kelas VII-A Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Di SMP Negeri 1 Pogalan. Penelitian Tindakan Kelas di laksanakan di SMP Negeri 1 Pogalan, yang merupakan tempat peneliti melaksanakan tugas sebagai guru bidang di mata pelajaran IPS setiap harinya. Siswa kelas VII-A menjadi obyek peneliti dan materi yang digunakan adalah bidang studi IPS Pokok Bahasan Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dan Ekonomi di SMP Negeri 1 Pogalan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan pada semester I. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan penggunaan model group Investigation,, dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran IPS melalui model group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas kelas VII-A Semester 1 Tahun ajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Pogalan . Hal tersebut dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 67.50 pada siklus II sebesar 75.00. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata 7.5. Di samping nilai rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melihat persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 1 siswa yang telah tuntas sebanyak 19 anak (60%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 13 anak (40%). Pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 29 anak (91%) sedang siswa yang belum tuntas sebanyak 3 anak (9%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 31%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa

Depdiknas. 2004. Kerangka asar Kurikulum 2004. Jakarta

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Djamarah, Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Nasution, 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi. Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zingaro, D. 2008. Group Investigation: Theory and Practice. Journal of Ontario Institute for Studies in Education. Ontario: Institute for Studies in Education.

Downloads

Published

28-01-2022

Issue

Section

Articles