Pengaruh Manajemen Pembelajaran Online dan Kemandirian Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Luh Putu Cahayani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11922

Keywords:

Manajemen Pembelajaran Online, Kemandirian Belajar, Kepuasan Mahasiswa.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran saat ini menghadapi peralihan dari pembelajaran konvensial (tatap muka) menjadi pembelajaran online yang wajib memerlukan kecermatan seluruh warga kampus sehingga tujuan pendidikan terwujud. Pada proses perjalanan pembelajaran onlinemendapatkan persoalan seperti keluhan jaringan, mahalnya kuota internet, pembelajaran yang tidak efektif, terlalu banyak tugas tugas serta penurunan kompetensi mahasiswa dan lainnya.Tujuan dari penelitian ini yakni mencari tahu pengaruh 1) Manajemen Pembelajaran Online pada Kepuasan Mahasiswa, 2) Kemandirian Belajar pada Kepuasaan Mahasiswa dan 3) Manajemen Pembelajaran Online serta Kemandirian Belajar pada Kepuasaan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Responden pada penelitian ini adalah sebanyak 43 orang yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penilaian Pembelajaran Ekonomi. Data dikumpulkan mempergunakan metode dokumentasi serta angket, kemudian dilakukan analisis product moment. Data dianalisa mempergunakanaplikasi SPSS 20.Temuan penelitianmenunjukkan ada pengaruh manajemen pembelajaran online (X1) terhadap kepuasaan mahasiswa (Y), dengan hasil uji t diperoleh t-hitung 3,635 >t-tabel - 1,987 serta bernilai signifikansi 0,003 < 0,05. Dan variabel Kemandirian Belajar (X2) memiliki pengaruh pada variabel kepuasan mahasiswa (Y) hal ini berdasarkan t hitung - 5,577 > t-tabel - 1.987 serta bernilai signifikansi 0,005 < 0,05. Terdapat pengaruh positif diantara manajemen pembelajaranonlineserta kemandirian belajar padakepuasan mahasiswa di masa pandemi covid-19 dengan nilai F hitung sebesar 44,202 yang bernilai signifikansi 0,000

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur

Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N.,

(2015). Esensi Penyusunan

Materi Daring Untuk

Pendidikan Dan Pelatihan.

Yogyakarta: DeePublish

Dwitayanti, Y. (2011). Dampak

Implementasi Sistem Informasi

Akademik Terhadap

Kepuasaan Mahasiswa 69-87

Hapsara, O., & Yandi. A (2020)

Analisis Kepuasaan Mahasiswa

Dalam menggunakan Sistem

Informasi Terpadu Akademik

Universitas Batanghari Jambi.

-334

Rachmayani, Dwi (2014). Penerapan

Pembelajaran Reciprocal

Teaching untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi

Matematis dan Kemandirian

Belajar Matematika Siswa.

Jurnal pendidikan Unsika

Rahmawati, D. 2013. Analisis FaktorFaktor yang mempengaruhi

kepuasaan mahasiswa. Jurnal

Economia, 9 (1), 52-65

Downloads

Published

28-01-2022

Issue

Section

Articles